6 Tips Menjaga Stamina di Musim Hujan

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 612 2363722 6-tips-menjaga-stamina-di-musim-hujan-TFB3CsEysL.jpg Musim hujan (Foto:The Artbo)

Sejak awal tahun 2021 di sebagian besar kota-kota di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Bahkan di beberapa kota, bencana banjir pun sudah melanda karena tingginya curah hujan.

Sudah masuk musim hujan, apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini, tentunya kita wajib memberikan perhatian lebih pada kesehatan tubuh. Menjaga stamina tubuh semaksimal mungkin agar tak mudah jatuh sakit.

Maka dari itu, berikut ulasan 6 tips menjaga stamina agar tetap sehat di musim hujan dari Dr Deepa Apté MBBS, sebagaimana dikutip Timesofindia, Rabu (17/2/2021).

 wedang jahe

1. Meningkatkan imun

Dokter Deepa menyebutkan di musim hujan seperti sekarang, penting untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sistem imun yang mumpuni, akan melindungi kita dari penyakit dan menyokong kesehatan sistem pencernaan kita.

Salah satu caranya bisa dengan rutin mengonsumsi minuman jahe dicampur dengan madu dan air perasan lemon serta diberi sedikit garam juga lada hitam. Semua bahan tinggal dicampur lalu disimpan dalam lemari pendingin. Cara mengonsumsinya, tuang 1 sendok mana campuran tersebut lalu seduh dengan air hingga larut. Minum tiga hingga empat kali dalam sehari.

2. Hindari makanan dingin

Saat musim hujan, disarankan sebaiknya hindari makanan yang terlalu dingin, kering dan mentah. Contohnya salad mentah, es krim, jus dingin, atau yoghurt dingin yang disebutkan berpeluang dapat melemahkan sistem imun.

Tak hanya itu, Dr.Apte juga mengimbau untuk mengurangi jumlah asupan ikan dan daging merah. Tomat mentah dan paprika saja disebut bisa menyebabkan imun turun, karena makanan jenis ini memproduksi gas Vata yang dapat melemahkan imun.

 

3. Makanan yang dimasak

Untuk menu makanan di musim hujan ini, disarankan untuk lebih sering memasukkan menu hidangan yang dimasak dan bernutrisi contohnya sayur-sayuran atau makanan-makanan vegetarian.

4. Puasa

Menjalani puasa juga direkomendasikan untuk menjaga stamina di musim penghujan ini. Puasa disebutkan dapat membantu meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dan sistem pencernaan.

Saat berpuasa, cobalah untuk memasukkan sayuran dan buah-buahan musiman dalam menu sahur dan berbuka. Dr. Apte mengatakan bahwa puasa juga membantu menstimulasi sistem pencernaan.

5. Tambahkan rempah-rempah

Musim hujan biasanya orang akan lebih sering menyeruput teh hangat. Nah, saat minum teh bisa tambahkan jahe, kayu manis, hingga kapulaga yang memang punya manfaat untuk kesehatan. Jika tak suka teh bisa coba konsumsi golden milk, yakni campuran susu dan kunyit yang bukan hanya bisa meningkatkan imun tapi juga menyehatkan dan menghaluskan jaringan kulit.

6. Jangan makan berlebihan

Hindari overeating atau makan berlebihan, Dr. Apte menyebutkan sebaiknya makanlah ketika memang perut terasa lapar.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini