5 Alternatif Makanan Manis yang Sehat Selain Cokelat dan Permen

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 298 2364111 5-alternatif-makanan-manis-yang-sehat-selain-cokelat-dan-permen-0SQyrD5iMi.jpg Keju salah satu makanan manis yang sehat. (Foto: Racool Studio/Freepik)

MAKANAN manis seperti cokelat dan permen menjadi favorit banyak orang. Namun tahukah Anda, ternyata ada bahaya yang mengancam kesehatan jika terlalu banyak mengonsumsinya, misalnya penyakit diabetes dan penambahan berat badan.

Tapi tenang saja, ada sejumlah alternatif makanan manis yang sehat selain cokelat dan permen. Seperti dilansir Insider, Kamis (18/2/2021), berikut ini asupan sehat tersebut.

Baca juga: Tak Mau Gigi Anak Cepat Berlubang? Pastikan Melakukan 3 Cara Ini 

1. Buah

Banyak buah yang memiliki rasa yang manis. Ini bisa digunakan sebagai pengganti cokelat atau permen. Serat dalam buah tidak hanya membuat merasa lebih kenyang, tetapi juga memperlambat pemecahan dan penyerapan gula dalam aliran darah. Ini penting karena lonjakan gula darah dapat menyebabkan efek negatif jangka pendek seperti kelelahan, dan masalah jangka panjang yang serius seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan penyakit ginjal.

Buah bergizi. (Foto: Silviarita/Freepik)

2. Kacang

"Kacang mengandung lemak dan fitosterol yang menyehatkan jantung, dan membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat," kata ahli diet Kristin Gillespie MS.

Makan kacang-kacangan seperti almond, pistachio, dan pecan juga dapat membantu menurunkan peradangan yang terkait dengan penyakit jantung.

Caranya bisa memanggang kacang mentah pilihan menggunakan minyak zaitun berkualitas tinggi dan bumbu manis seperti kayu manis dan vanila, atau bumbu gurih yakni rosemary, garam, merica, dan bubuk bawang putih.

Baca juga: Awas, Doyan Ngemil Selama Pandemi Bisa Sebabkan Diabetes! 

3. Keju

Keju merupakan sumber nutrisi penting seperti protein dan kalsium. Ini adalah bahan yang serbaguna juga karena dapat mudah diolah menjadi makanan. Pertimbangkan untuk mencari keju keras seperti parmesan dan gouda yang mengemas banyak rasa ke dalam porsi lebih kecil sehingga cenderung tidak memakannya secara berlebihan.

4. Granola

Granola adalah camilan sehat atau pilihan sarapan sehat, karena terdiri dari oat panggang yang dikemas dengan nutrisi yang dapat membantu menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan usus, dan menjaga kestabilan gula darah. Sebelum membeli, periksa label nutrisi untuk memastikannya mengandung biji-bijian dan gula tambahan minimal. Carilah granola yang rasanya berasal dari kacang-kacangan dan buah kering tanpa pemanis, bukan sirup manis atau cokelat.

Baca juga: Mengganti Gula dengan Madu Lebih Sehat, Benarkah? 

5. Cokelat hitam

Dark chocolate atau cokelat hitam adalah pilihan yang lebih sehat daripada susu atau cokelat putih. Ini karena biasanya cokelat hitam mengandung sedikit gula tambahan. Selain itu, senyawa yang disebut flavonoid yang ada dalam cokelat hitam telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan peradangan, serta mengurangi risiko penyakit jantung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini