7 Sayuran yang Wajib Dimakan 7 Hari Setelah Imlek

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 298 2364347 7-sayuran-yang-wajib-dimakan-7-hari-setelah-imlek-Lm7XIVO8Px.jpg Merayakan Imlek (Foto: HB in Retrospect)

Menurut kepercayaan tradisional Tionghoa, hari ketujuh tahun baru Imlek disebut dengan hari manusia atau ‘Ren ri’. Dipercaya bahwa manusia dan sejumlah makhluk hidup lainnya diciptakan oleh dewa wanita legendaris bernama Nu Wo.

Berdasarkan buku Tanya Jawab tentang Ritus dan Adat oleh Dong Xun di Dinasti Jin, mengatakan bahwa dewa legendaris itu menciptakan aneka makhluk hidup di dunia. Ia menciptakan makhluk hidup tersebut dengan urutan berbeda setiap harinya.

Hari pertama ayam, kedua anjing, ketiga babi hutan, keempat domba, kelima sapi, keenam kuda dan hari ketujuh adalah manusia. Sejak hari kedelapan dan seterusnya, tidak ada yang mengetahui apa yang dibuat oleh sang dewa.

Oleh sebab itu hari ketujuh, dianggap sebagai ulang tahun setiap manusia. Berdasarkan tradisi yang diturunkan dari nenek moyang, hal yang sering dilakukan adalah menyantap hidangan yang terdiri dari tujuh macam sayuran.

Hidangan keberuntungan khusus tersebut sengaja disiapkan untuk menandai hari lahir manusia. Namun, beberapa daerah memiliki beberapa perbedaan. Merangkum dari KWGLS, Kamis (18/2/2021), terdapat tujuh sayuran yang memiliki makna tersendiri dalam perayaan. Di antaranya:

daun bawang

1. Leek atau daun bawang (蒜= 算) memiliki makna perhitungan kekayaan yang cukup untuk dihitung.

2. Seledri (芹= 勤) yang melambangkan pekerja keras dan Ketekunan

3. Daun ketumbar (园香菜= 缘) artinya takdir yang baik

4. Kubis Napa (大白菜= 清清白白) mencerminkan karakter bersih

5. Bawang prei (葱= 聪明) bermakna Intelijensi atau kepandaian

6. Kucai (韭菜= 长长久久) yang artinya abadi

7. Jenis sawi hijau (春菜- 青云直上) yang memiliki arti progres atau berkembang.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini