Kanker Prostat Sering Menyerang Pria, Apa Penyebabnya?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 481 2364063 kanker-prostat-sering-menyerang-pria-apa-penyebabnya-09ycwWW8Ii.jpg Ilustrasi kanker prostat. (Foto: Rawpixel/Freepik)

KANKER prostat adalah salah satu jenis kanker yang sering menyerang pria. Ini merupakan kanker yang terjadi di prostat, sebuah kelenjar kecil pada pria yang menghasilkan cairan mani sebagai pemberi makan dan pengangkut sperma.

Di Indonesia, kanker prostat menempati urutan keempat dengan jumlah penderita terbanyak, diperkirakan mencapai 25.012 orang. Sebagian besar pasien didiagnosis pada stadium lanjut karena deteksi dini kasus kanker prostat belum optimal.

Baca juga: Kanker Prostat Tempati Urutan Ke-4 Penderita Terbanyak di Indonesia 

Dokter spesialis konsultan uro-onkologi, Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid SpU (K) PhD, mengatakan sebenarnya pasien kanker prostat yang didiagnosis dan ditatalaksana pada stadium dini dapat memiliki angka harapan hidup selama 10 tahun dan mencapai di atas 90 persen.

"Angka ini dapat turun hingga 50 persen apabila ditemukan pada stadium lanjut. Oleh karena itu, program deteksi dini yang lebih baik dan efisien perlu ditingkatkan," jelas dr Agus dalam webinar World Cancer Day, Rabu 17 Februari 2021.

Ilustrasi kanker prostat. (Foto: Shutt)

Sementara itu, belum begitu jelas apa yang menyebabkan kanker prostat. Dokter mendiagnosis terbentuknya kanker prostat dimulai ketika sel-sel di prostat mengalami perubahan dalam DNA mereka.

Baca juga: Waspada, Kanker Prostat Bisa Jadi Penyakit Turunan Lho 

DNA sel berisi instruksi yang memberi tahu sel apa yang harus dilakukan. Perubahan tersebut memberi tahu sel untuk tumbuh dan membelah lebih cepat daripada sel normal. Sel abnormal itu pun terus hidup, ketika sel lain mati.

Sel abnormal yang terakumulasi membentuk tumor yang dapat tumbuh untuk menyerang jaringan di sekitarnya. Pada akhirnya, beberapa sel abnormal dapat pecah dan menyebar (bermetastasis) ke bagian tubuh lainnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini