Ketersediaan Tempat Isolasi dan ICU Berperan Penting bagi Kesembuhan Pasien Covid-19

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 481 2364203 ketersediaan-tempat-isolasi-dan-icu-berperan-penting-bagi-kesembuhan-pasien-covid-19-QWH2iNGbWp.jpg Pasien Covid-19 (Foto: Reuters)

Pandemi Covid-19 masih berlangsung meskipun terdapat tren penurunan kasus positif Covid-19. Namun pemerintah terus berusaha keras agar penanganan penderita Covid-19 maksimal. Di antaranya dengan aktif melakukan vaksinasi Covid-19 dan memperbanyak jumlah kamar di berbagai rumah sakit bagi pasien Covid-19.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan, Kemenkes sudah menambahkan 15.000 tempat tidur di ruang perawatan dan ICU di rumah sakit rujukan Covid-19.

 penambahan tempat tidur buat pasien Covid-19

Upaya ini menjadi langkah antisipasi guna menghadapi penambahan kasus Covid-19. Meskipun saat ini pemerintah terus berjuang menurunkannya.

Kemenkes, terang Nadia, telah melakukan koordinasi dan meminta kepada pemerintah daerah yakni Provinsi dan kabupaten/kota untuk menambah ruang perawatan baik untuk isolasi, perawatan ataupun tempat tidur untuk ruang isolasi.

Kebutuhan tempat tidur isolasi dan ICU sangat berperan penting bagi kesembuhan pasien. Bahkan Ketua Sub Bidang Tracing Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Kusmedi Priharto menjelaskan, "Deteksi dini yang diikuti perawatan cepat dan tepat pasien positif Covid-19 dapat meningkatkan peluang kesembuhan yang lebih tinggi yakni di atas 80%," katanya, Kamis (18/2/2021).

Sementara itu menurut World Health Organization (WHO) pasien positif Covid-19 dengan gejala penyakit parah atau kritis yang membutuhkan waktu pemulihan klinis hingga 3-6 minggu memerlukan penanganan intensif pada periode awal infeksi untuk hasil lebih optimal.

Merespons kebutuhan mendesak ini sekaligus dorongan Kementerian Kesehatan RI dalam Surat Edaran No. HK 02.01/Menkes/11/2021 tentang Peningkatan Kapasitas Perawatan Pasien Covid-19, berbagai rumah sakit terus menambah kapasitasnya.

Caroline Riady, Deputy President Director Siloam Hospitals Group menambahkan, pihaknya menyediakan lebih dari 100 tempat tidur isolasi dan ICU untuk dua rumah sakit khusus Covid-19 yang berlokasi di Mampang, Jakarta Selatan, dan Kelapa Dua, Tangerang.

“Penambahan ini kami lakukan sebagai upaya untuk melayani pasien terkonfirmasi Covid-19 secara lebih baik dan memadai. Selain itu, hal ini juga sejalan dengan instruksi Kementerian Kesehatan bagi rumah sakit swasta untuk bersinergi lebih erat dengan pemerintah melalui penambahan kapasitas kamar dan tempat tidur agar dapat memberikan pelayanan lebih efektif dan menanggulangi pandemi Covid-19,” terang Caroline.

Hingga saat ini, lanjut Caroline, pihaknya telah merawat hampir 4.000 pasien terkonfirmasi Covid-19 di Mampang dan di Kelapa Dua. Penambahan jumlah tempat tidur isolasi terbanyak juga dilakukan di kedua rumah sakit ini.

Hal tersebut diharapkan mampu menunjang perawatan sekaligus memberikan tempat lebih kepada pasien baru terkonfirmasi Covid-19 agar dapat terlayani secara optimal sehingga mereka segera sembuh.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini