Mau Tidur Cepat dan Nyenyak? Terapkan Teknik 6T Ini

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 481 2364260 mau-tidur-cepat-dan-nyenyak-terapkan-teknik-6t-ini-gUcMTRVI0Y.jpg Ilustrasi tidur cepat dan nyenyak. (Foto: Yanlya/Freepik)

BANYAK orang mengalami kesulitan tidur setiap malam. Bisa tidur cepat dan nyenyak berkualitas adalah impian besar mereka.

Sudah melakukan banyak cara agar bisa tidur cepat dan nyenyak, tapi nyatanya kurang efektif juga. Well, mungkin cara yang dilakukan selama ini masih keliru.

Baca juga: Penderita Insomnia, Yuk Ikuti 3 Cara Ini Supaya Tidur Cepat dan Nyenyak 

Maka itu, yuk simak teknik tidur 6T dari para ilmuwan yang bisa dilakukan setiap malam supaya dapat tidur cepat dan nyenyak. Apa saja langkah 6T itu? Berikut penjelasannya, sebagaimana dikutip dari Country Living, Kamis (18/2/2021).

1. Timing

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjadwalkan berapa jumlah optimal timing atau waktu tidur yang diperlukan tubuh. Menurut National Health Service, rata-rata orang dewasa membutuhkan 6 sampai 9 jam waktu tidur di malam hari.

Ilustrasi tidur. (Foto: Senivpetro/Freepik)

2. Temperatur

Supaya bisa mendapatkan momen tidur yang memuaskan, suhu kamar (temperature) disebutkan harus sekira 17 derajat Celsius. Ini mungkin berbeda-beda di setiap orang, tapi pada dasarnya akan lebih sulit tidur dengan nyaman ketika tubuh terasa terlalu panas atau dingin. Atur suhu kamar sampai senyaman mungkin, hingga badan tidak terasa kepanasan ataupun menggigil kedinginan.

Baca juga: 4 Kesalahan Pagi Hari yang Sering Dilakukan Orang 

3. Taste-buds

Tahukah Anda, menjelang waktu tidur indera perasa (taste-buds) manusia juga harus istirahat lho. Untuk waktu makan, usahakan mengonsumsi makanan terakhir hari itu setidaknya 3 jam sebelum tidur. Sedangkan untuk minuman kopi, idealnya diminum di 10 jam terakhir sebelum naik ke tempat tidur.

4. Tog

Disarankan untuk mengganti selimut (tog) berdasarkan musim yang sedang berlangsung. Ilmuwan menyarankan selimut dipilih berdasarkan skala atau level selimut tersebut dapat menahan panas. Selimut 4,5 saat musim panas; 10,5 saat musim peralihan; dan 13,5 saat cuaca sedang dingin atau musim hujan di Indonesia.

Baca juga: Tidur Pakai Kaus Kaki Tidak Selamanya Baik, Ini 5 Bahayanya 

5. Technology

Hindari kebiasaan menggunakan gawai atau alat teknologi menjelang waktu tidur. Disarankan tidak menggunakan ponsel 90 menit sebelum tidur. Membaca atau menggambar adalah alternatif relaksasi yang dapat membantu tidur cepat dan nyenyak.

6. Thank you

Matikan lampu, ucapkan salam selamat malam, dan ucapkan terima kasih atas segala sesuatu yang Anda syukuri hari ini. Ini mungkin terdengar klise, tapi ilmu sains menunjukkan bahwa dengan mengungkapkan rasa syukur untuk hal-hal besar dan kecil itu bisa membuat diri puas serta membantu diri kita untuk beristirahat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini