5 Pengobatan Pertama Rumahan untuk Luka Bakar

Uthari Handayani, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 481 2364398 5-pengobatan-pertama-rumahan-untuk-luka-bakar-Xw0Mf32oCW.jpg Ilustrasi luka bakar. (Foto: Shutterstock)

LUKA bakar adalah kecelakaan yang bisa terjadi di kehidupan rumah tangga. Misalnya, terkena minyak dan air panas, setrikaan, dan hal lainnya yang bersumber dari panas.

Bahan rumahan seperti mentega, putih telur, dan pasta gigi disebut ampuh mengobati luka bakar. Faktanya, bahan-bahan tersebut justru bisa memperparah kondisi kulit yang mengalami luka bakar.

Baca juga: Tak Pede dengan Bekas Luka Bakar? Sembunyikan Saja dengan Riasan 

Alih-alih menggunakannya, beralihlah ke pengobatan pertama rumahan yang aman untuk luka bakar. Berikut ini pengobatan tersebut, seperti dilansir laman Healthline.

1. Aliri dengan air ledeng

Hal pertama yang harus dilakukan saat terkena luka bakar adalah mengalirinya dengan air ledeng selama 20 menit. Kemudian bersihkan dengan sabun dan bilas lagi dengan air.

Ilustrasi. (foto: Valuavitaly/Freepik)

2. Kompres dingin

Kompres dingin dapat membantu meredakan nyeri dan bengkak. Lakukan dalam interval 5 hingga 15 menit di atas area luka karena jika berlebihan dapat mengiritasinya.

Baca juga: Pasta Gigi sebagai Obat Luka Bakar, Mitos atau Fakta? 

3. Salep antibiotik

Salep antibiotik dapat membantu mencegah infeksi. Oleskan pada area luka lalu balut dengan kain steril atau plastik bening. Hindari bahan berbulu seperti kapas.

4. Lidah buaya

Penelitian membuktikan jika lidah buaya efektif dalam penyembuhan luka bakar tingkat satu dan dua. Ini karena sifat antiinflamasinya yang dapat meningkatkan sirkulasi dan menghambat pertumbuhan bakteri. Ambil gelnya dan langsung oleskan pada area luka.

Baca juga: Hujan Guyur Jakarta, Sejumlah Jalanan Kembali Tergenang

5. Madu

Sama seperti lidah buaya, madu juga bersifat anti-inflamasi dan antibakteri alami.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini