Makanan Gluten Free Baik untuk Penderita Maag atau GERD?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 481 2364430 makanan-gluten-free-baik-untuk-penderita-maag-atau-gerd-bkYLuD5maX.jpg Makanan gluten free. (Foto: Master1305/Freepik)

MAKANAN gluten free kini digemari banyak orang. Ini seiring kebiasaan hidup sehat yang makin disadari banyak orang. Bukan hanya membatasi pangan mengandung bahan kimia atau sintesis, tapi beberapa orang sudah sangat peduli dengan komposisi makanan yang dikonsumsinya.

Salah satu komposisi yang diperhatikan adalah gluten free. Gluten sendiri merupakan salah satu jenis protein yang biasanya terkandung di dalam gandum hasil persilangan (Triticale), gandum biasa, dan jelai atau barley.

Baca juga: Hati-Hati, 4 Makanan Ini Bisa Sebabkan Jerawat di Wajah 

Nah, ketika makanan di kemasannya tertulis "gluten free" atau bebas gluten, itu artinya di dalam panganan tersebut tidak ada kandungan protein glutennya.

Hal yang menjadi perdebatan banyak orang adalah apakah itu berarti makanan tersebut aman untuk penderita maag atau GERD?

Sakit maag. (Foto: Shutterstock)

Dokter spesialis penyakit dalam Profesor dr Abdul Aziz Rani SpPD K-GEH menjelaskan bahwa topik mengenai gluten free ini memang sesuatu yang hangat untuk dibahas.

Baca juga: 4 Bahaya Frozen Food, Yuk Kurangi Mengonsumsinya 

Namun, menjadi catatan penting adalah gluten tersebut dikatakan memberi dampak tidak baik pada tubuh karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada orang-orang yang sensitif terhadap gluten.

"Kalau ditanya apakah makanan yang gluten free aman untuk penderita maag atau GERD, ya sebenarnya tidak ada kaitannya. Karena gluten itu menyerang area usus bukan lambung," terang Prof Aziz dalam webinar kesehatan, Kamis (18/2/2021).

Ditambahkan dokter spesialis penyakit dalam dr Rabbinu Rangga Pribadi SpPD, gluten itu bersifat merusak pada pasien dengan penyakit gluten sensitif.

"Jadi, penyakit akibat gluten itu terjadi dengan mengenai usus halus yang mengalami kerusakan karena adanya mekanisme kekebalan tubuh yang menyerang usus akibat asupan gluten," papar dr Rabbinu.

Baca juga: Demi SEA Games dan Piala Dunia U-20, Kapolri Keluarkan Izin Keramaian Piala Menpora

Penyakit sensitif gluten ini dalam dunia medis, kata dr Rabbinu, biasa disebut dengan celiac disease. "Jadi kalau ditanya apakah gluten baik untuk seseorang yang mengalami maag atau GERD, saya jawab tidak ada pengaruhnya," terang dia.

Celiac disease sendiri menyebabkan masalah usus yang lebih luas, diare, ganguan penyerapan makanan, dan akhirnya menyebabkan gangguan penyerapan gizi ke dalam tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini