2.267 Pedagang Tanah Abang Akan Divaksin Covid-19 di Tahap Kedua

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 481 2364439 2-267-pedagang-tanah-abang-akan-divaksin-covid-19-di-tahap-kedua-SsEVi6WRf6.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Reuters)

Usai tenaga kesehatan sebagai golongan pertama yang divaksin Covid-19. Akhirnya, vaksinasi tahap selanjutnya, untuk kelompok kedua yakni para pekerja publik telah dimulai Rabu 17 Februari 2021 kemarin.

Ditargetkan akan selesai pada Mei mendatang, program vaksinasi untuk kelompok pekerja publik ini dimulai dengan penyuntikan vaksin untuk belasan ribu pedagang Pasar Tanah Abang, yang termasuk dalam kelompok yang memiliki interaksi dan mobilitas yang tinggi sehingga sangat rentan terinfeksi Covid-19.

 Vaksinasi pedagang tanah abang

Vaksinasi bagi pedagang pasar ini sendiri dibuat dengan skema dua tahapan, tahap pertama dilaksanakan pada 17-21 Februari 2021 dengan menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada 9.729 orang pedagang. Sedangkan tahap kedua, ada 2.267 pedagang yang akan disuntik vaksin pada 22-24 Februari mendatang.

Sehingga, secara perhitungan total, ada 11.996 orang pedagang yang divaksinasi Covid-19 dalam kurun waktu 6 hari. Sebagai catatan, khusus untuk di DKI Jakarta tercatat ada 55.000 pedagang yang akan divaksin.

Dikatakan oleh Prof Hindra Irawan Satari, selaku Ketua Komisi Nasional KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi), vaksinasi untuk pedagang pasar yang notabene punya mobilitas pergerakan yang tinggi setiap harinya ini jadi hal esensial untuk menurunkan kurva angka kasus positif.

“Apabila mereka terlindungi lewat vaksinasi, maka laju penyebaran virus dapat diturunkan, sekaligus mengurangi beban rumah sakit serta membantu tenaga kesehatan," ujar Profesor Hindra, dikutip dari siaran pers Komisi Nasional KIPI, Kamis (18/2/2021).

Tak hanya untuk pedagang di Provinsi DKI Jakarta, Dr.dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI menyebutkan, harapannya vaksinasi bisa dilakukan kepada para pedagang lainnya di 34 Provinsi di Indonesia.

“Diharapkan setelah pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pedagang Pasar Tanah Abang ini, dapat dilakukan juga bagi pedagang lainnya di seluruh Indonesia dan semua kalangan dengan profesi yang rentan tertular Covid-19,” kata Dr.dr. Maxi.

Merujuk pada besarnya target vaksinasi tahap kedua ini, maka pemerintah akan melakukan vaksinasi secara bertahap, dimulai pada tujuh provinsi di Jawa dan Bali (DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur dan Bali) yang diketahui jadi zona merah dengan jumlah pasien dan tingkat penyebaran tertinggi di Indonesia.

Untuk diketahui, mayoritas kasus Covid-19, sekitar 70%, berada pada tujuh provinsi tersebut. Sedangkan sisa 30% lainnya akan dibagikan ke provinsi lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini