4 Cara Jitu Mengatasi Sakit Punggung Akibat WFH

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 481 2364527 4-cara-jitu-mengatasi-sakit-punggung-akibat-wfh-kX8ZXXIIe7.jpg Ilustrasi sakit punggung. (Foto: Shutterstock)

SELAMA pandemi covid-19, masyarakat banyak melakukan aktivitas dari jarak jauh, salah satunya berkerja dari rumah (work from home/WFH). Bekerja secara daring ini dinilai menjadi solusi yang paling efektif untuk mencegah persebaran virus corona.

Sayangnya, masyarakat tidak sadar ada juga efek samping di balik WFH, misalnya sakit punggung. Gangguan kesehatan ini muncul akibat terlalu lama duduk di hadapan komputer.

Baca juga: Sakit Punggung Ternyata Bisa Dipengaruhi Keadaan Emosi 

Merangkum dari unggahan akun Instagram Tim Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Jumat (19/2/2021), berikut tips mengatasi sakit punggung agar tetap nyaman bekerja dari rumah.

Ilustrasi sakit punggung. (Foto: Shutterstock)

1. Perhatikan posisi duduk selama bekerja

Jangan duduk terlalu lama dengan postur membungkuk ke depan. Cara duduk yang benar adalah duduk dengan posisi tegak. Supaya lebih nyaman, bisa menggunakan bantalan untuk punggung.

2. Sesuaikan posisi atau tinggi laptop/komputer

Posisi laptop atau komputer tidak boleh terlalu tinggi maupun rendah. Mata harus sejajar dengan layar sehingga tidak perlu mengangkat atau menurunkan leher.

Baca juga: Sakit Pinggang Tak Kunjung Sembuh, Coba Cek Bamboo Spine Bukan 

3. Lakukan peregangan

Sebaiknya jangan duduk di kursi sepanjang hari. Berdirilah setiap 20 menit atau lebih dan lakukan peregangan.

Baca juga: Nyeri Pinggang Tak Sembuh-Sembuh, Bisa Jadi Penyakit Autoimun Lho 

4. Menggunakan kompres hangat atau dingin

Jika sudah telanjur nyeri, bisa mengompres area nyeri dengan air hangat atau es menggunakan kompres pad atau kain. Selalu pastikan membungkusnya dengan benar agar tidak merusak kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini