Beautypedia, Deretan Penyebab Jerawat dan yang Perburuk Kondisinya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 611 2364185 beautypedia-deretan-penyebab-jerawat-dan-yang-perburuk-kondisinya-IFhUeojwBh.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Timbulnya jerawat di wajah dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang, terutama wanita. Ini karena jerawat yang tumbuh dapat mengganggu penampilan, terlebih jika tumbuh dalam jumlah yang banyak.

Beberapa orang mengalami tingkat keparahan jerawat yang lebih lama dan ekstrim. Pemicu jerawat pun beragam. Melansir Mayo Clinic, ada 4 hal utama yang dapat menjadi pemicu tumbuhnya jerawat.

Pertama, jerawat bisa muncul akibat adanya produksi minyak yang berlebih atau sebum. Akibatnya folikel rambut di wajah pun menjadi tersumbat oleh minyak dan sel kulit tersebut.

Jerawat

Jika sudah tersumbat, hal itu akan memicu bakteri dan kuman untuk bersarang hingga terjadi peradangan. Jika sudah meradang, maka jerawat pun akan mulai timbul di permukaan kulit.

Baca Juga : 5 Momen Romantis Jennifer Jill dan Ajun Perwira Sebelum Tersandung Kasus Narkoba

Jerawat biasanya muncul di wajah, dahi, dada, punggung atas, dan bahu. Ini karena area kulit tersebut memiliki kelenjar minyak (sebaceous) paling banyak. Folikel rambut terhubung ke kelenjar minyak pun menjadi lebih banyak dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

Dinding folikel bisa membengkak dan menghasilkan whitehead atau yang disebut dengan komedo. Komedo mungkin terlihat seperti kotoran yang menempel di pori-pori. Tapi sebenarnya pori-pori itu penuh dengan bakteri dan minyak, yang berubah menjadi coklat saat terkena udara.

Hal-hal tertentu yang dapat memicu atau memperburuk jerawat:

Perubahan hormonal

Androgen adalah hormon yang meningkat pada anak laki-laki dan perempuan selama masa pubertas dan menyebabkan kelenjar sebaceous membesar dan menghasilkan lebih banyak sebum. Perubahan hormon selama paruh baya, terutama pada wanita, dapat menyebabkan jerawat juga.

Obat-obatan tertentu

Minum Obat

Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menimbulkan efek samping berupa timbulnya jerawat. Contohnya termasuk obat yang mengandung kortikosteroid, testosteron, atau litium.

Diet

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tertentu, termasuk makanan kaya karbohidrat, seperti roti, bagel, dan keripik dapat memperburuk jerawat.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memeriksa apakah orang dengan jerawat akan mendapat manfaat dari mengikuti pantangan makanan tertentu.

Stres dan depresi

Stres tidak menyebabkan jerawat, tetapi jika Anda sudah berjerawat, stres dapat memperburuknya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini