Mana yang Lebih Baik, Mandi Pakai Air Dingin atau Hangat?

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 04:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 611 2364384 mana-yang-lebih-baik-mandi-pakai-air-dingin-atau-hangat-DIp3fssI1q.jpg Mandi dengan air dingin (Foto: Freepik)

Selama ini temperatur air untuk mandi selalu dipertanyakan. Apakah lebih baik menggunakan yang air dingin atau air hangat.

Jelasnya, penelitian menunjukkan manfaat berbeda dari kedua hal ini. Semuanya dapat dipilih berdasarkan kebutuhan kesehatan masing-masing. Melansir dari Medical News Today, berikut rangkumannya.

 mandi

Manfaat mandi menggunakan air dingin  

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Sebuah penelitian pada tahun 2019 menemukan bahwa mandi air dingin setelah olahraga dapat meningkatkan hidrasi. Selain itu, darah akan mengalir jauh lebih lancar dan baik.

2. Menurunkan kortisol

Kortisol adalah hormon yang timbul sebagai respons terhadap stres. Air dingin dapat membantunya berkurang dan terhindar dari stres berkepanjangan.

3. Mengurangi nyeri dan peradangan

Paparan air dingin terhadap tubuh memunculkan stress-induced analgesia (SIA) atau respons nyeri yang berkurang selama atau setelahnya. Ini terbukti pada penelitian terhadap para atlet yang nyeri dan kelelahan ototnya berkurang.

 

Manfaat mandi menggunakan air hangat

1. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Mandi air hangat dapat meningkatkan aliran darah pada orang dengan gagal jantung kronis. Ini karena adanya pelebaran alami pembuluhnya saat terkena suhu tinggi.

2. Meningkatkan kesehatan otot dan sendi

Air hangat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan sendi dan otot.

3. Tidur lebih nyenyak

Mandi air hangat bisa meningkatkan kualitas tidur. Ini karena paparannya membuat suhu tubuh turun dan rileks setelahnya.

Oleh karena itu, semua tergantung kepada kebutuhan Anda, untuk mandi pakai air dingin atau air hangat. Sebab keduanya sama-sama bermanfaat ya!

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini