Terbukti Ampuh Turunkan Angka Penderita, BPOM Segera Izinkan Vaksin Covid-19 untuk Lansia

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 20:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 612 2364495 terbukti-ampuh-turunkan-angka-penderita-bpom-segera-izinkan-vaksin-covid-19-untuk-lansia-AGMmtqJNL9.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

KABAR baik kembali datang bagi masyarakat Indonesia, apalagi mereka yang termasuk dalam golongan orang lanjut usia dan berada di atas 59 tahun. Kini, orang lanjut usia dengan umur di atas 60 tahun diketahui berhak untuk divaksinasi Covid-19.

Profesor Hindra Irawan Satari, selaku Ketua Komisi Nasional KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi), menginformasikan saat ini data keamanan dan efikasi bagi lansia sudah disampaikan oleh produsen vaksin kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia.

"Atas dasar inilah, BPOM segera menerbitkan surat izin penggunaan darurat (EUA) untuk lansia. Sebelumnya hasil penelitian itu belum selesai diolah sehingga EUA belum diberikan," tutur Profesor Hindra, dalam siaran pers Komisi Nasional KIPI yang diterima Redaksi Okezone.

Pakar imunisasi tersebut menambahkan, paparan data dari Amerika Serikat memperlihatkan adanya penurunan jumlah Covid-19 setelah dilakukannya vaksinasi secara nasional. Menurutnya, pemerintah telah melakukan upaya yang terbaik, ditambah adanya dukungan dari masyarakat dan media.

"Lebih banyak yang divaksinasi dan lebih konsisten melakukan 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi dan interaksi), maka lebih besar kemungkinan untuk berhasil. Sebab ini merupakan upaya bersama, bukan upaya sekelompok masyarakat atau hanya mengandalkan pemerintah saja," jelasnya.

Dari data Satgas Penanganan Covid-19, total jumlah vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan (nakes) sudah mencapai 1.120.963 orang dari total target sebanyak 1.468.764 tenaga kesehatan. Sedangkan target total vaksinasi Covid-19 keseluruhan di Indonesia mencapai sebanyak 181.554.565 orang.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini