Air Soda Baik untuk Menyiram Tanaman, Simak 6 Caranya

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 612 2364534 air-soda-baik-untuk-menyiram-tanaman-simak-6-caranya-kNpxKrnrmz.jpg Ilustrasi tanaman. (Foto: Jcomp/Freepik)

AIR soda ternyata tidak hanya menyegarkan untuk diminum, tapi juga bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Menurut penelitian dari Colorado University Boulder, air berkarbonasi membuat tanaman tumbuh lebih cepat dan lebih rindang.

Sebagaimana dilansir Sfgate, air soda mengandung nutrisi terlarut seperti magnesium, kalsium, karbon, hidrogen, oksigen, natrium, belerang, fosfor, dan kalium yang mudah diserap oleh sistem akar tanaman.

Baca juga: Ingin Mulai Berkebun, 5 Hal Ini Wajib Dilakukan 

Lantas bagaimana cara menyiramnya? Simak langkahnya berikut ini.

1. Periksa kondisi tanah

Sebelum menyirami tanaman dengan air soda, sebaiknya periksa dahulu tanahnya. Ini guna mencegah penyiraman berlebihan karena akar yang terlalu basah membuat tanaman rentan penyakit. Selain itu, terlalu banyak air dapat menguras oksigen tanah sehingga tanaman berpotensi mati.

Air soda. (Foto: Bublikhaus/Freepik)

2. Gunakan air soda bersuhu ruangan

Kebanyakan air soda disimpan di dalam lemari es. Tapi untuk memberikannya ke tanaman akan lebih baik menggunakan air soda yang bersuhu ruangan. Menurut ahli hortikultura, Carl Hoffman, air dingin dapat mengejutkan akar tanaman dan menunda pertumbuhannya atau membuat daun rontok.

Baca juga: 8 Tanaman Pengusir Nyamuk, Cocok Diletakkan di Dalam Ruangan Lho 

3. Tuangkan dahulu air soda ke kaleng penyiram

Supaya jumlah air yang keluar lebih terkendali, tuangkan lebih dahulu air soda ke dalam kaleng penyiram.

4. Siram di pagi atau sore hari

Menyiram tanaman dengan air soda sebaiknya dilakukan di pagi atau sore hari. Menurut ilmuwan dari University of California, menyiram di pagi hari akan meningkatkan kesehatan tanaman dengan meminimalkan penguapan dan memberi lebih banyak hidrasi sampai sore. Sementara jika tidak sempat, sore juga bisa dijadikan waktu menyiramnya.

Baca juga: Lidah Mertua, Tanaman Hias yang Bisa Perbaiki Kualitas Udara 

5. Siram tanahnya

Jangan lupa menyiram tanah sekitaran akarnya. Hindari membasahi daun. Misalnya akar yang terlalu basah, daun yang memiliki kondisi sama akan lebih rentan terhadap penyakit.

6. Lakukan seminggu sekali

Jadwalkan penyiraman menggunakan air soda seminggu sekali. Menurut Reader’s Digest, air berkarbonasi mengandung mineral dan karbondioksida ekstra yang akan mendorong pertumbuhan tanaman di musim tumbuhnya. Selain itu, perawatan mingguan dengan air soda menawarkan manfaat yang maksimal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini