3 Pemikiran Salah Tentang Memasak Pakai Microwave, Apa Saja Ya?

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 07:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 298 2364640 3-pemikiran-salah-tentang-memasak-pakai-microwave-apa-saja-ya-EKioGcb0Fk.jpg Ilustrasi memasak pakai microwave. (Foto: Stockvault/Freepik)

MICROWAVE sangat membantu segala urusan di dapur. Dalam kehidupan yang serbacepat dan praktis ini, microwave dapat digunakan memasak, memanggang, memanaskan ulang, dan mencairkan makanan dengan lebih cepat.

Panas yang dihasilkan dari gelombang mikro elektromagnetik ini membantu dalam menyiapkan makanan cepat saji untuk keluarga. Apalagi di masa pandemi covid-19, orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dengan memasak dibandingkan harus membeli makanan di luar. Mereka mungkin memiliki stok makanan yang cukup banyak dan bisa dimasak atau dipanaskan kapan saja dengan microwave.

Baca juga: Cara Membuat Kondisioner Alami, Rambut Jadi Lembut dan Rapi 

Memasak menggunakan microwave justru lebih efisien, sehingga Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga.

Namun, ternyata masih banyak pemikiran tidak tepat yang beredar mengenai memasak makanan di microwave. Lalu hal-hal kurang tepat apa lagi tentang microwave yang ada selama ini? Berikut beberapa di antaranya, seperti dilansir laman Times of India.

1. Memasak makanan di microwave berbahaya

Gelombang mikro menggunakan gelombang elektromagnetik yang mirip dengan yang dipancarkan dari televisi, radio, dan alat cukur listrik. Gelombang ini membantu memanaskan kembali makanan dengan lebih efisien dan lebih sedikit energi. Gelombang elektromagnetik tidak diketahui menyebabkan efek berbahaya pada makanan dan bahan habis pakai.

Microwave. (Foto: Shutterstock)

2. Lebih mahal daripada kompor konvensional

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA), microwave menggunakan energi 80 persen lebih sedikit saat memanaskan makanan dalam jumlah yang relatif lebih kecil. Menggunakan microwave dapat menghemat listrik.

Waktu memasak dalam microwave juga menghemat banyak energi dan waktu. Hanya dibutuhkan waktu 15 sampai 20 menit untuk memasak dengan oven microwave.

Baca juga: 6 Manfaat Lain Vitamin C yang Belum Banyak Diketahui 

3. Menghilangkan nutrisi dari makanan

Makanan yang dimasak atau dipanaskan dengan microwave adalah proses pemanasan makanan yang jauh lebih cepat dan sederhana. Gelombang mikro justru menyimpan lebih banyak nutrisi sambil memanaskan makanan daripada metode konvensional.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini