Cara Mudah Hitung Asupan Kalori Menggunakan Tangan

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 09:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 481 2364684 cara-mudah-hitung-asupan-kalori-menggunakan-tangan-P730vqD9qG.jpg Ilustrasi menghitung asupan kalori pakai tangan. (Foto: Shutterstock)

ASUPAN kalori sifatnya sangat penting untuk menentukan berat badan. Idealnya apa pun yang sudah dimakan bisa dikeluarkan dengan seimbang.

Ini mungkin membutuhkan panduan dari berbagai macam sumber untuk bisa menghitung kalori dengan tepat. Namun nyatanya ada cara yang lebih mudah, yaitu melalui pengukuran tangan masing-masing. Hal ini diyakini karena ukuran tangan berkorelasi cukup erat dengan ukuran tubuh secara umum.

Baca juga: Mi Shirataki Sangat Rendah Kalori, Simak 3 Manfaatnya untuk Kesehatan 

Seperti dilansir Precisionnutrition, dua ahli gizi Ryan Andrews dan Brian St Pierre membagikan perhitungannya seperti berikut.

Telapak Tangan

Besaran telapak tangan bisa dijadikan ukuran untuk asupan protein padat seperti daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan dalam sekali makan. Untuk pria ukurannya dua telapak tangan, sementara wanita satu telapak tangan. Sesuaikan jumlah protein seukuran diameter dan ketebalannya.

Kalori. (Foto: Rawpixel/Freepik)

Kepalan Tangan

Ukuran kepalan tangan masing-masing bisa digunakan untuk menghitung asupan sayuran setiap kali makan. Kedua ahli tersebut merekomendasikan dua kepal untuk pria dan satu kepal untuk wanita.

Baca juga: Jalan Kaki 10.000 Langkah, Berapa Kalori yang Dibakar? 

Tangkupan Tangan

Tangkupan tangan bisa dijadikan pengukur untuk asupan karbohidrat seperti nasi dan pati dalam sekali makan. Seperti biasa untuk pria ukurannya dua tangkupan tangan, sementara wanita satu tangkup tangan.

Jari Jempol

Jari jempol bisa menentukan asupan lemak seperti minyak, mentega, dan kacang-kacangan dalam asupan per hari. Bagi pria, sebesar dua jari jempol dan wanita sebesar satu jari jempol.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini