Kenali Makanan dan Minuman yang Dapat Mengubah Mood

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 10:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 481 2364693 kenali-makanan-dan-minuman-yang-dapat-mengubah-mood-jadi-baik-atau-buruk-dEm2w0cyue.jpg Ilustrasi makanan yang memengaruhi mood. (Foto: Pvproductions/Freepik)

SEMUA orang menyadari fakta bahwa makanan yang dimakan dapat berdampak besar pada suasana hati atau mood. Oleh karena itu, banyak orang bekerja sambil menikmati minuman kopi atau cokelat demi menjaga mood tetap baik.

Hal ini dikarenakan hampir sekira 90 persen reseptor serotonin terletak di usus, sehingga tidak mengherankan bahwa beberapa makanan yang dikonsumsi dapat menjadi pendorong suasana hati yang nyata. Namun, ada beberapa makanan yang tidak sehat dan juga dapat memengaruhi mood menjadi buruk.

Baca juga: 6 Makanan yang Bikin Mood Membaik, Apa Saja? 

Seperti dilansir Times of India, dalam sebuah studi terbaru, para peneliti telah menemukan makanan nomor satu yang dapat membuat suasana hati menjadi buruk. Sebanyak 2.000 orang dewasa di Inggris Raya ditanyai tentang makanan yang memiliki dampak positif dan negatif terhadap mood mereka. Penelitian ini membuahkan hasil bahwa makanan terburuk untuk mood adalah donat.

Ilustrasi mood baik. (Foto: Cookie Studio/Freepik)

Hal ini terjadi karena banyak orang cenderung mengonsumsi donat di pagi hari dan mengalami masalah pada gula darah mereka di kemudian hari. Donat adalah kombinasi karbohidrat sederhana dan minyak, dua kandungan ini dapat mengganggu kesehatan usus dan memengaruhi mood.

Baca juga: 6 Cara Bangkitkan Mood Usai Libur Long Weekend 

Beberapa makanan atau minuman lainnya yang buruk untuk usus di antaranya alkohol, minuman ringan, minuman energi, dan kudapan yang penuh dengan karbohidrat sederhana.

Di sisi lain, makanan dan minuman yang dapat meningkatkan mood baik yakni kopi, cokelat hitam, anggur, popcorn, pisang, kacang-kacangan, buncis, kelapa, almond, alpukat, beri, jeruk, dan teh.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini