Upaya BPOM Terbitkan EUA untuk Penggunaan Vaksin AstraZeneca

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 481 2364771 upaya-bpom-terbitkan-eua-untuk-penggunaan-vaksin-astrazeneca-abKjRmYt3V.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Apa)

Pemerintah telah melakukan negoisasi untuk mendapatkan varian lain vaksin Covid-19 yang akan didatangkan ke Indonesia yakni vaksin AstaZeneca. Kabar baiknya vaksin buatan Inggris tersebut sudah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat dari World Health Organization (WHO).

Tentunya rencana kedatangan vaksin AstraZeneca ke Indonesia menjadi angin segar bagi masyarakat. Meski demikian, bagaimana dengan izin penggunaan vaksin AstraZeneca untuk digunakan di Tanah Air?

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan, Penny K Lukito mengatakan, kedatangan vaksin AstraZeneca ke Tanah Air melewati dua jalur. Yakni melalui Covax secara multilateral dan jalur bilateral.

 Vaksin Covid-19

“Insya Allah dalam waktu dekat sedang berproses bersama Kementerian Kesehatan dan badan lainnya, untuk bisa masuk segera vaksin AstraZeneca yang multilateral,” terang Penny, dalam Konferensi Pers Penelitian RECOVERY, Jumat (19/2/2021).

Lebih lanjut Penny menjelaskan bahwa saat ini pemerintah dan BPOM masih berupaya mengumpulkan data lain yang diperlukan. Data-data tersebut digunakan untuk mengeluarkan EUA terhadap penggunaan vaksin AstraZeneca di Tanah Air.

“Tahapan sekarang adalah EUA. Listingnya sudah keluar dari WHO, tapi tetap membutuhkan EUA dari otoritas badan masing-masing. Dalam hal ini BPOM sedang berproses,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini