Benarkah Vaksin Nusantara Bikin Kebal Covid-19 Seumur Hidup?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 481 2364774 benarkah-vaksin-nusantara-bikin-kebal-covid-19-seumur-hidup-vdf1tbBEcT.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: The Scientist)

Terawan Agus Putranto cukup yakin vaksin Nusantara mampu menciptakan antibodi Covid-19 seumur hidup. Namun Ketua Satuan Tugas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Prof Zubairi Djoerban meragukannya.

"Vaksin Nusantara diklaim menciptakan antibodi seumur hidup. Mana buktinya?" kata Prof Beri di Twitter, belum lama ini.

 Vaksin Covid-19

Dia menjelaskan lebih lanjut bahwa data uji klinis fase dua vaksin Nusantara sampai saat ini saja belum ada, apalagi fase ketiga. Jadi, jika mau bicara soal klaim, tentu harus dengan data. Harus dengan evidence based medicine.

"Jangan malah membuat publik bingung," komentarnya.

Bahkan, para ahli dunia pun belum bisa menjawab apakah vaksin Moderna atau Sinovac, bahkan Pfizer antibodinya tahan berapa lama. "Tidak ada itu klaim yang mereka sampaikan bahwa antibodi dari vaksin-vaksin tersebut bisa bertahan enam bulan, satu tahun, apalagi seumur hidup," tegas Prof Beri.

"Sekali lagi, saya mendukung upaya eradikasi seperti vaksin. Tapi, perlihatkan kepada publik datanya. Biar tak gaduh. Vaksin influenza saja bertahan kurang lebih setahun karena dipengaruhi oleh mutasi virusnya," tambahnya.

Di akhir pernyataannya, Prof Beri mengatakan bahwa dia tak tahu apa motif klaim vaksin Nusantara tersebut dikeluarkan ke publik. "Ada yang tahu?" tanyanya.

Vaksin Nusantara diketahui menggunakan teknologi sel dendritik yang bisa dipersonalisasi untuk satu orang. Singkatnya, vaksin Nusantara diklaim aman bagi orang dengan komorbid.

Saat ini vaksin Nusantara sedang menunggu persetujuan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM) untuk melakukan uji klinis fase 2. Tapi, untuk waktunya Badan POM belum bisa memberi pernyataan karena baru menerima hasil uji klinis fase 1.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini