BPOM Segera Terbitkan Izin Vaksin AstraZeneca Jalur Multilateral

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 481 2364798 bpom-segera-terbitkan-izin-vaksin-astrazeneca-jalur-multilateral-OiszPUdhWe.jpg Kepala BPOM Penny K Lukito. (Foto: Instagram @bpom_ri)

BADAN Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sedang berupaya mengumpulkan data tambahan untuk mengeluarkan Emergency Use Authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat Vaksin AstraZeneca. Sebelumnya vaksin ini telah mendapat EUA dari World Health Organization (WHO).

Sebagaimana diketahui, Indonesia sudah menjalin kerja sama dengan AstraZeneca untuk penyediaan vaksin covid-19. Vaksin buatan Inggris ini rencananya didatangkan menggunakan dua jalur. Pertama melalui Covax secara multilateral, dan kedua secara bilateral melalui negosiasi antara kedua belah negara.

Baca juga: 6 Kriteria Orang dengan Penyakit Penyerta yang Belum Layak DivaksinĀ 

Kepala BPOM Penny K Lukito menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang berproses bersama Kementerian Kesehatan dalam pengumpulan data untuk mengeluarkan izin penggunaan Vaksin AstraZeneca.

"Kami sudah mendapatkan secara bertahap rolling submission dari data-datanya, insya Allah beberapa hari ke depan kami sudah mengeluarkan EUA-nya, dan segera vaksin tersebut akan masuk. Ini untuk Vaksin AstraZeneca melalui jalur multilateral," ungkap Penny dalam Konferensi Pers Penelitian RECOVERY secara virtual, Jumat (19/2/2021).

Baca juga: AS-China Bersaing soal Vaksin dan Pemulihan Pasca-Pandemi Covid-19

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa izin penggunaan Vaksin AstraZeneca di Tanah Air tidak berhenti sampai di situ. Sebab, BPOM akan mengumpulkan data lain untuk memberikan izin terhadap Vaksin AstraZeneca yang didistribusikan melalui negosiasi jalur bilateral.

"Yang bilateral juga sedang berproses. Saat ini karena diproduksi oleh fasilitas yang berbeda. Nanti akan ada proses tersendiri lagi untuk EUA yang bilateral," tandasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini