9 Hal yang Harus Dilakukan Usai Makan Makanan Tinggi Kolesterol

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 481 2364854 9-hal-yang-harus-dilakukan-usai-makan-makanan-tinggi-kolesterol-ssTwGLl1t1.jpg Ilustrasi makanan tinggi kolesterol. (Foto: Shutterstock)

KOLESTEROL makanan dianggap sebagai penyebab utama penyakit kardiovaskular. Makanan tinggi kolesterol seperti pizza dan burger juga dikemas dengan asam lemak jenuh yang menyebabkan risiko penyakit jantung serta gangguan kesehatan lainnya seperti hipertensi dan diabetes.

Beberapa makanan tinggi kolesterol seperti telur, keju, dan jeroan juga tinggi nutrisi yakni protein, kalsium, zat besi, dan magnesium. Namun bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, semua itu dapat meningkatkan risiko penyakit tersebut.

Baca juga: Rutin Periksa Kadar Kolesterol, Ini Penyakit yang Bisa Dicegah 

Seperti dilansir laman Boldsky, berikut ini hal-hal yang harus dilakukan dan dihindari setelah mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi. Bisa meminimalkan efek berbahaya dan mendapatkan manfaat nutrisinya juga.

1. Minum air hangat

Keseimbangan mikrobiota usus sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sebuah penelitian menyatakan minum air hangat memberikan efek positif pada pertumbuhan mikrobiota usus sehingga membantu pencernaan makanan berkolesterol, tanpa mengganggu kesehatan saluran cerna.

Minum air. (Foto: Theoddsey)

2. Berjalan

Setelah makan banyak kolesterol, berjalan kaki sekira 30 menit, menaiki tangga, atau segala bentuk aktivitas fisik yang dapat meningkatkan kinerja perut dan melancarkan pencernaan. Ini juga dapat mengendalikan berat badan.

Baca juga: RI Tak Perlu Cemas Tesla Pilih India Bangun Pabrik Mobil Listrik

3. Minum minuman detoks

Minuman detoks adalah cara terbaik untuk membersihkan sistem pencernaan, membuang racun berbahaya, meningkatkan kekebalan, meningkatkan tingkat energi, dan meningkatkan kesehatan pencernaan lebih baik. Bisa membuat minuman detoks dengan mencampurkan air dengan lemon dan jahe, mentimun dan mint, jeruk dan lemon, atau apel dan kayu manis.

4. Makan buah dan sayuran

Setelah asupan makanan tinggi kolesterol, alihkan ke pola makan sehat dengan banyak sayur, buah, polong-polongan, kacang-kacangan dan biji-bijian. Ini cara terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol dan memperbaiki profil lipid.

5. Minum teh hijau

Sebuah studi menyatakan teh hijau mengurangi kolesterol total yang beredar dan mencegah penyakit kardiovaskular yang berkaitan dengannya. Polifenol aktif dalam teh juga melancarkan pencernaan setelah makan berat.

6. Hindari apa pun yang dingin

Air dingin atau makanan dingin lainnya seperti es krim atau minuman dingin cenderung mengubah mikrobiota usus dan mengurangi kekebalan pada usus. Makanan berminyak membutuhkan waktu untuk dicerna. Oleh karena itu, mengonsumsi apa pun yang dingin bersama dengan makanan berkolesterol tinggi dapat membuat proses pencernaan semakin sulit dan menyebabkan masalah pencernaan, seperti kembung atau gangguan pencernaan.

Baca juga: Kolesterol Tinggi, Kenali dengan 4 Gejala Fisik Ini 

7. Hindari langsung tidur setelah makan

Langsung tidur setelah makan berat berbahaya bagi pencernaan dan kesehatan. Ini akan mencegah isi perut pindah ke usus untuk dicerna dan sehingga menyebabkan mulas, sakit lambung, dan gangguan pencernaan. Selain itu, bisa meningkatkan berat badan. Disarankan untuk setidaknya 3 jam antara waktu makan dan waktu tidur.

8. Tidur nyenyak

Meskipun tidak disarankan langsung tidur setelah makan, tetapi sangat penting untuk menurunkan HDL yang bersirkulasi dalam tubuh. Kurang tidur menyebabkan perubahan pada tingkat gen dalam metabolisme kolesterol. Karena itu, diwajibkan tidur nyenyak untuk kesehatan secara keseluruhan, terutama untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

9. Hindari alkohol

Alkohol menambah kalori ekstra setelah makan berat sehingga dapat meningkat berat badan. Selain itu, terlalu banyak alkohol dapat mengganggu kesehatan pencernaan dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini