BPOM Masih Evaluasi Hasil Uji Klinis Pertama Vaksin Nusantara

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 481 2364870 bpom-masih-evaluasi-hasil-uji-klinis-pertama-vaksin-nusantara-MHJXUuws0u.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Unsplash)

Masyarakat dihebohkan dengan hadirnya vaksin Nusantara yang diinisiasi oleh mantan Menteri Kesehatan, dr. Terawan Agus Putranto. Terlebih ketika ia menyatakan bahwa vaksin ini akan menjalani uji klinis fase ke-2.

Alhasil banyak masyarakat yang bertanya mengenai tingkat efektifitas vaksin Nusantara hingga dapat melanjutkan tahap uji klinis menuju fase kedua.

 Vaksin Covid-19

Ketua Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny K Lukito menjelaskan, pihaknya masih dalam tahap pengumpulan data terkait dengan efektivitas vaksin Nusantara.

“Ini sedang berproses, kami baru menerima hasil uji klinis fase satu. Dan masih dievaluasi oleh tim registrasi dari BPOM dengan tim ahli untuk kelayakkannya,” tutur Penny, dalam Konferensi Pers Penelitian RECOVERY, Jumat (19/2/2021).

Lebih lanjut Penny tampak memberikan dukungan penuh terkait uji klinis vaksin Nusantara. Ia bahkan menyatakan bahwa BPOM siap untuk mengeluarkan izin uji klinik fase kedua terhadap vaksin hasil karya anak bangsa tersebut.

“Bisa kita keluarkan untuk protokol uji klinik fase keduanya, sebab hasil dari uji klinis fase pertamanya baru kami terima,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini