Mewajibkan Vaksinasi Covid-19 ke Generasi Muda Dinilai Sulit Berhasil

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 481 2365019 mewajibkan-vaksinasi-covid-19-ke-generasi-muda-dinilai-sulit-berhasil-9LarWHz576.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Apa)

Upaya untuk memperluas cakupan vaksinasi Covid-19 di masyarakat terus dilakukan. Namun Ahli Epidemiologi Griffith University Australia, Dicky Budiman memperingatkan pemerintah untuk tidak mewajibkan anak muda mendapatkan vaksin Covid-19.

Menurutnya, itu malah akan mempengaruhi kepercayaan mereka pada vaksin Covid-19. "Cara mandatori untuk program vaksinasi Covid-19 di kalangan generasi muda tidak akan berhasil. Mereka akan menolaknya," papar Dicky pada Okezone, Jumat (19/2/2021).

 Vaksin Covid-19

Hasil survei CSIS menemukan bahwa hanya 36,4 persen generasi Z yang memercayai tingkat efektivitas vaksin Covid-19. Dari data ini dapat dipelajari bahwa memang belum banyak anak muda yang memercayai vaksinasi Covid-19, tapi sekali lagi, mandatori bukan jawabannya.

Dicky menjelaskan, generasi Z itu memang yang memiliki potensi besar dalam penyebaran Covid-19 karena mobilitas mereka yang sangat tinggi dan juga banyak kasus positif Covid-19 tanpa gejala atau asimptomatis. Ketika mereka tidak mau divaksin memang membahayakan.

"Ketika generasi Z ini bahkan menolak vaksin, itu akan memengaruhi keberhasilan program vaksinasi secara nasional. Bahkan, itu akan memberi beban pada fasilitas layanan kesehatan dalam upaya mengatasi Covid-19," ungkap Dicky.

Lantas, apa saran yang bisa dilakukan pemerintah untuk mengajak anak muda mau divaksin tanpa harus mewajibkan mereka?

"Menurut saya, solusi yang bisa dilakukan pemerintah adalah strategi komunikasi risikonya ditingkatkan karena sampai saat ini saya nilai belum signifikan dan juga strategi vaksinasi yang dipilih haruslah betul-betul berbasis sains. Sekali lagi saya sampaikan, kalau akhirnya pemerintah memilih mandatori, itu artinya bangsa kita mengalami kemunduran," papar Dicky.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini