Vaksinasi Covid-19 Lansia Segera Dimulai, Kemenkes Siapkan 7 Juta Dosis

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 20:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 481 2365128 vaksinasi-covid-19-untuk-lansia-segera-dimulai-kemenkes-siapkan-7-juta-dosis-5CTnbDtBLQ.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Proses vaksinasi Covid-19 tahap ke-2 bagi lansia akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmidzi, M.Epid.

Nadia mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah menyediakan 7 juta dosis vaksin Sinovac yang akan didistribusikan ke 34 provinsi di seluruh Indonesia. Namun sebagai langkah awal, proses vaksinasi hanya berfokis pada ibu kota provinsi.

vaksin covid-19

Sementara untuk Kabupaten/Kota akan dilakukan pada tahap selanjutnya. Ada pun pembagian dosis vaksin untuk tahap pertama lansia ini antara lain Pulau Jawa dan Bali mendapat 70% dosis, sisanya akan disebar secara merata.

"Kenapa Jawa dan Bali mendapat dosis yg lebih banyak? Sasaran lansia untuk vaksinasi ini jumlahnya mencapai 21.5 juta. Jawa dan Bali merupakan wilayah yang paling banyak populasinya, termasuk untuk kategori lansia," kata dr. Nadia Tarmidzi.

Baca Juga : Sudah Suntik Jutaan Orang, Kemenkes Belum Temukan Reaksi Anafilaktik Vaksinasi Covid-19

Lantas, kapan proses vaksinasi lansia akan dilaksanakan? Nadia menjelaskan bahwa pihaknya saat ini masih melakukan sejumlah persiapan, mengingat masih ada beberapa data yang harus dikonfirmasi ulang, sembari menunggu distribusi vaksin berjalan, dan kesiapan vaksiankes yang baru beralih dari vaksinasi tahap pertama.

"Secepat-cepatnya itu minggu depan. Tapi ditunggu lagi informasi pastinya dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota," tandasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini