Tata Cara Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 21:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 481 2365141 tata-cara-pendaftaran-vaksinasi-covid-19-bagi-lansia-BHSZMN7Ide.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akan melaksanakan proses vaksinasi Covid-19 bagi lansia. Namun mengingat ketersedian vaksin masih terbatas, pada tahap awal hanya 7 juta dosis vaksin yang akan didistribusikan ke 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Distribusi vaksin Covid-19 bagi lansia difokuskan pada Pulau Jawa dan Bali sebanyak 70%. Selain itu, dengan keterbatasan dosis vaksin, maka kelompok lansia yang diprioritaskan berusia 60 tahun ke atas.

Vaksinasi Covid-19

"Kenapa Jawa dan Bali mendapat dosis yg lebih banyak? Sasaran lansia untuk vaksinasi ini jumlahnya mencapai 21.5 juta. Jawa dan Bali merupakan wilayah yang paling banyak populasinya, termasuk untuk kategori lansia," ujar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmidzi, M.Epid, dalam konferens pers yang digelar secara daring, Jumat (19/2/2021).

Baca Juga : Vaksinasi Covid-19 Lansia Segera Dimulai, Kemenkes Siapkan 7 Juta Dosis

Untuk proses pelaksanaannya, peserta vaksin dapat melakukan pendaftaran dengan dua pilihan mekanisme. Berikut ulasannya.

Berbasis faskes

1. Vaksinasi akan diselenggarakan di faskes masyarakat baik puskesmas, rumah sakit milik pemerintah maupun swasta.

2. Peserta dapat mendaftarkan diri melalui website Kementerian Kesehatan (www.kemkes.go.id) atau melalui website KPC-PEN (www.covid-19.go.id). Di kedua website ini telah tersedia link atau tautan pendaftaran.

3. Bagi manula yang kesulitan mendaftar dapat meminta bantuan keluarga atau pengurus RT/RW untuk mendaftar melalui tautan tersebut

4. Pastikan data yang diisi sudah benar.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini