Ingat, Begini 7 Cara Benar Gunakan Masker

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 612 2365091 ingat-begini-7-cara-benar-gunakan-masker-wqWREKCnMw.jpeg Ilustrasi Masker. (Foto: Freepik)

MENGGUNAKAN masker menjadi salah satu cara efektif untuk mencegah Covid-19. Tak hanya sekadar digunakan, ternyata memilih dan memahami cara mengenakan masker juga akan memengaruhi keberhasilan seseorang dalam mencegah Covid-19.

Ya, saat ini banyak sekali orang yang mengenakan masker hanya sebagai syarat. Mereka tidak menyesuaikan jenis masker yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sesuai standar keamanan yang berlaku.

Merangkum dari Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Jumat (19/2/2021), berikut tips memakai masker dengan tepat untuk melindungi diri dari penularan Covid-19.

Masker

1. Pilih masker minimal tiga lapis dengan filtrasi baik.

2. Menutup hidung, mulut, hingga dagu.

3. Pas menempel di sisi wajah, dan tidak memiliki celah.

4. Memiliki kawat di bagian hidung untuk mencegah celah udara di bagian atas masker.

5. Ganti masker bila sudah lembab atau kotor.

6. Selalu cuci tangan pakai sabun atau bersihkan tangan dengan hand sanitizer sebelum dan setelah mengenakan, melepas, atau memperbaiki posisi masker.

7. Jangan gunakan masker di sekitar leher, di kening, tidak menutup mulut, dagu dan hidung, menggantung di salah satu telinga, dan di lengan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini