5 Kesalahan Paling Sering Dilakukan saat WFH

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 22 Februari 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 612 2365138 5-kesalahan-paling-sering-dilakukan-saat-wfh-POdZt8kVi4.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Sebagian besar pegawai kantoran masih melakukan sistem work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Hal ini karena situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Di tengah kenyamanan bisa bekerja dari rumah, tapi terkadang kita suka tidak sadar kerap melakukan sederet kesalahan saat WFH. Akhirnya bukan hanya berdampak pada efektivitas pekerjaan tapi juga kesehatan diri.

Apa saja kesalahan yang sering dilakukan sebagian besar orang ketika bekerja dari rumah atau WFH? Mewarta Timesofindia, berikut ulasan singkat 5 kesalahan saat WFH.

1. Bekerja dari tempat tidur atau sofa

WFH

Bekerja dari atas tempat tidur memang nyaman dan hangat, tapi kebanyakan pekerja tak sadar jika bekerja apalagi menggunakan laptop di tempat tidur atau sofa di rumah dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan mental. Salah satunya karena tidak duduk dengan tegak, terlalu sering membungkuk dalam waktu yang lama, akhirnya mempengaruhi postur tubuh. Jika memang Anda bekerja dengan sistem WFH, ada baiknya investasi untuk membeli meja kerja dan kursi yang berkualitas baik khusus untuk bekerja.

Baca Juga : 4 Cara Jitu Mengatasi Sakit Punggung Akibat WFH

Baca Juga : 4 Cara Ampuh Mencegah Makan Berlebih saat WFH

2. Lupa koordinasi dengan tim

Bekerja terpisah-terpisah dengan rekan satu tim lainnya ketika WFH bisa jadi kondisi yang melelahkan, sebab kerja jarak jauh memungkinkan kurangnya komunikasi yang lancar. Jadi, manajer tim atau team leader harus memastikan semua terkoordinasi, dengan komunikasi yang cukup melalui pesan teks, panggilan telefon atau video untuk mengetahui penugasan, status proyek, produktivitas kerja karyawan dan jika ada masalah menyangkut pekerjaan. Ketika WFH, jangan lupa update santai dengan rekan kerja, untuk memastikan hubungan kerja yang baik dengan kolega Anda.

3. Lupa membuat batasan

Bekerja di rumah kurang lebih harus siap dengan banyaknya distraksi yang terjadi di rumah. Makanya, sangat penting untuk membuat struktur bagaimana kita bekerja meskipun kita di rumah. Bekerjalah di ruangan atau area khusus yang tidak ada seorang pun bisa menganggu Anda, buat batasan yang jelas selama jam kerja. Cara ini sedikit banyak bisa membantu agar tetap fokus menyelesaikan pekerjaan dan tidak terdistraksi dengan hal-hal lain di rumah.

4. Mengabaikan kesehatan

WFH

Saat WFH, banyak orang yang lupa melakukan aktivitas fisik kecil yang terbiasa dilakukan di kantor. Misalnya berjalan dari ruangan satu ke ruangan lain, berjalan ke kantin, bolak balik ke kamar mandi dan sebagainya. Ketika di rumah, akhirnya banyak orang yang terlalu lama hanya duduk menyelesaikan pekerjaannya. Tak jarang juga sampai kerap melewatkan makan siang. Ini tak boleh dibiarkan, karena seberapa penting pun pekerjaan Anda tapi kesehatan diri adalah prioritas utama.

5. Pakai piyama saat bekerja

Terlena dengan suasana rumah yang nyaman dan santai, kebanyakan orang ketika WFH akhirnya bekerja dengan menggunakan setelan piyama atau daster. Padahal, dengan mengenakan setelan pakaian kerja yang biasa dipakai ke kantor seperti biasanya, bukan cuma membuat kita jadi lebih segar dan semangat menjalani hari. Tapi juga membuat pola pikir dan sikap yang benar. Meski sulit, tapi sebaiknya Anda coba untuk tetap mandi di pagi hari, lalu mengenakan baju ke kantor yang rapi ketika bekerja di rumah. Rasanya akan seperti di kantor, walau sebetulnya Anda berada di rumah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini