3 Olahraga Mudah yang Bisa Membuat Anda Hidup Lebih Lama

Poppy Fadhilah, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 22:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 612 2365167 3-olahraga-mudah-yang-bisa-membuat-anda-hidup-lebih-lama-fqwxxUBVZt.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

OLAHRAGA dan makan sehat adalah dua komponen utama untuk memiliki umur yang sehat dan panjang. Tapi ada hal ketiga yang juga bisa membawa pengaruh terkait umur panjang dan kualitas hidup, yakni kekuatan genggaman tangan.

Ya, penelitian telah mengaitkan kekuatan genggaman yang rendah dengan peningkatan risiko patah tulang, jatuh, gangguan kognitif, depresi, masalah tidur, diabetes tipe 2, dan kematian dini. Sebuah studi jangka panjang yang diterbitkan di The Lancet menemukan bahwa kekuatan cengkeraman adalah prediktor yang lebih baik untuk kematian akibat penyakit kardiovaskular atau penyebab lainnya.

Ini karena kekuatan cengkeraman seseorang adalah penanda yang dapat diandalkan untuk keseluruhan massa otot, yang sangat penting untuk fungsi setiap sistem dalam tubuh. Ukuran otot dan kekuatan seseorang menurun seiring bertambahnya usia, dimulai sejak usia 30-an.

Karenanya, melansir Times of India, berikut 3 jenis olahraga yang dapat meningkatkan massa otot untuk hidup yang lebih lama.

Farmer's Carry

Olahraga

Untuk melakukan latihan, berdirilah dengan kaki terbuka selebar pinggul dan jaga sepasang dumbel di lantai di sisi luar kaki Anda. Sekarang jongkok, jaga punggung tetap lurus dan tarik perut ke sisi dalam.

Pegang beban di masing-masing tangan dan berdirilah dengan lengan di sisi tubuh, telapak tangan menghadap paha. Sekarang mulailah berjalan ke depan, sampai saat tangan Anda tak sanggup lagi memegang beban. Kemudian letakkan beban di lantai. Lakukan tiga repetisi.

Deadlift

Olahraga

Berdirilah dengan kaki terbuka selebar pinggul dan jaga sepasang dumbel di dekat jari-jari kaki Anda, tegak lurus dengan tubuh Anda. Sekarang dorong pantat dan pinggul ke belakang dan tekuk ke depan di pinggang dengan menjaga punggung tetap lurus dan perut ditarik kencang dan lutut sedikit ditekuk.

Angkat beban dengan telapak tangan menghadap ke depan paha, lengan lurus dan berdiri kembali sambil mendorong tumit untuk berdiri kembali. Turunkan beban di lantai secara perlahan. Coba lakukan 8 hingga 12 repetisi. Anda dapat memilih bobot sesuai pilihan Anda dan apa yang nyaman untuk Anda.

Hollow-body hang

Olahraga

Pegang bar dengan kokoh. Tarik tubuh Anda dari lantai membentuk bentuk C yang memanjang dari tubuh Anda. Tahan selama Anda bisa. Jaga agar inti Anda tetap terlibat dan ulangi.

Kegiatan meningkatkan cengkeraman tangan Anda dengan menggunakan bola atau peralatan lain tidak dapat secara langsung melindungi Anda dari penyakit kronis.

Tetapi, fokus pada cengkeraman dengan alat khusus dapat memberi Anda lebih banyak hasil dari gerakan-gerakan di atas. Ini pada gilirannya akan membantu meningkatkan massa dan kesehatan otot secara keseluruhan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini