Ikuti Perkembangan Zaman, Kain Ulos Tak Kehilangan Makna Budaya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 20 Februari 2021 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 20 194 2365269 ikuti-perkembangan-zaman-kain-ulos-tak-kehilangan-makna-budaya-1RVgIJE4UL.jpg Kain Ulos. (Foto: Okezone)

KAIN ulos merupakan salah satu bukti peradaban dari tanah Sumatera Utara. Kain tersebut memiliki nilai dan makna cukup besar dari sudut pandang adat istiadat. 

Penggunaan kain ulos sendiri sekarang sudah semakin kekinian. Jika sebelumnya hanya digunakan untuk acara-acara adat, kini kain ulos banyak diaplikasikan di produk fashion kekinian. Bukan tanpa alasan, itu semua dilakukan untuk mempertahankan budaya sekaligus mengenalkan kain ulos ke generasi muda.  

"Kain ulos sekarang semakin muda. Dulu mungkin hanya helaian kain yang dipakai untuk acara adat, sekarang bisa ditemukan di tas, sepatu, bahkan masker," kata pemilik UMKM Mejikuhibiniu Butik, Sondang Maria Pasaribu, pada Okezone.

Kain ulos

Produk sepatu, kata Sondang, menjadi salah satu incaran terbanyak anak muda. Sondang sendiri mengkombinasikan kain ulos dengan material lain seperti kulit alami, kulit sintetis, dan kain kanvas. Dari itu semua, banyak tercipta produk fashion yang terlihat edgy.

Meski begitu, dia menjelaskan bahwa belum semua orang mau menggunakan produk fashion dengan sentuhan etnik. "Ada yang ngerasa belum percaya diri pakai produk etnik, tapi saya enggak akan berhenti mengenalkan kain ini ke semua orang," tambahnya.

Cerita lain datang dari pengelola UMKM Abit Kain, Febri. Usaha memudakan kain ulos yang dilakukan adalah mengombinasikan kain ulos dengan material lain dalam produk busana, misalnya jeans. Tidak hanya itu, cuttingan busana pun dibuat semuda mungkin.

Kain ulos

"Kain ulos bisa jadi kemeja, vest, atau outer, bahkan dress. Kami tentunya ingin mengenalkan budaya Sumatera Utara ini ke semua kalangan, mulai dari generasi muda hingga dewasa," paparnya.

Ikha Rahma Utami, anak muda yang mencintai produk etnik, menilai bahwa semakin ke sini memang semakin banyak produsen fashion yang mulai melirik pasar anak muda dengan kain-kain tradisionalnya. Usaha tersebut dinilai berhasil.

"Banyak kita lihat produsen fashion memperkenalkan kain tradisional, salah satunya ulos, dalam busana kekinian. Saya rasa, nilai dari kain itu sendiri tak hilang bahkan akan semakin dikenal semua golongan. Dengan begitu, kain ulos akan tetap diminati dan tidak dilupakan," kata Ikha.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini