Intip Sejarah Kopi Telur Vietnam yang Terkenal Sampai Sekarang

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Minggu 21 Februari 2021 05:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 20 298 2365539 intip-sejarah-kopi-telur-vietnam-yang-terkenal-sampai-sekarang-e04nVlKbZe.jpg Ilustrasi kopi telur Vietnam. (Foto: Jcomp/Freepik)

BELAKANGAN ini muncul berbagai tren kopi hingga viral di media sosial. Namun, ada juga beberapa jenis kopi yang memang sudah terkenal sejak lama, salah satunya kopi telur Vietnam.

Kopi telur Vietnam adalah perpaduan kopi dengan gula atau susu, telur kocok, dan beberapa bahan lainnya. Berdasarkan bahan-bahan ini, mungkin akan muncul asumsi minuman ini terlihat seperti makanan penutup atau dessert yang dibuat hanya untuk eksperimen kecil dan biasa dilakukan banyak orang terhadap kopinya.

Baca juga: Bukan Kopi Luwak, Inilah Kopi Termahal di Dunia Harganya Rp13 Juta/Kg 

Faktanya, penemuan ini muncul berdasarkan kebutuhan yang sangat mendesak saat itu. Selama Perang Indochina I, susu merupakan asupan yang cukup sulit didapat di Vietnam.

Ilustrasi kopi. (Foto: Onlyyouqj/Freepik)

Jadi pada 1946, seorang bartender di Sofitel Legend Metropole Hotel, Hanoi, Vietnam, mengembangkan minuman kopi yang menggunakan telur kocok sebagai stand-in produk susu. Campuran kopi ini dibuat oleh bartender bernama Nguyen Van Giang, dan dia menyebut ramuannya sebagai "ca phe trung" atau "kopi telur".

Baca juga: Kenapa Harus Sikat Gigi Sebelum Minum Kopi di Pagi Hari? 

Menurut Atlas Obscura, minuman tersebut terbukti cukup sukses hingga pembuatnya meninggalkan bisnis hotel dan mendirikan tokonya sendiri, Cafe Giang, untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Resepnya berkembang seiring waktu, dan untuk membuat rasa telur lebih halus, proses pengadukan menjadi lebih mudah setelah kafe tersebut mulai menggunakan blender.

Pada 1980-an, kopi ini menjadi minuman rumahan yang lebih populer dari sebelumnya, dan sejak saat itu mulai menyebar ke kedai kopi di seluruh dunia. Ketika itu Cafe Giang dijalankan oleh putra Van Giang, Tri Hoa, untuk memperkenalkan warisan ayahnya ini hingga seluruh dunia.

"Saya sangat terbuka untuk siapa pun yang ingin meniru racikan ini. Itu bagian dari bisnis", ujar Tri Hoa kepada Vice, seperti dikutip dari Mentalfloss.

Baca juga: Ini 4 Jenis Kopi yang Miliki Manfaat Tersembunyi untuk Kesehatan 

"Banyak orang bisa memiliki produk yang sama dan mengembangkannya dengan caranya sendiri. Bagi saya, saya yakin dengan ramuan rahasia ini, akan membuat minuman saya terlihat asli," tambahnya.

Adapun bahan lainnya yang digunakan telah terdaftar di situs resmi Cafe Giang agar bisa dilihat semua orang. Bahan-bahan yang dapat dilihat seperti kuning telur ayam, bubuk kopi Vietnam, susu kental manis, mentega, dan keju.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini