Miliki Kulit Berminyak, 10 Makanan Ini Perlu Dihindari

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Minggu 21 Februari 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 20 481 2365530 miliki-kulit-berminyak-10-makanan-ini-perlu-dihindari-Shs2S8XyqX.jpg Udang salah satu makanan yang perlu dihindari pemilik kulit berminyak. (Foto: Freepik)

KULIT berminyak menjadi salah satu masalah yang dapat mengganggu penampilan. Jenis kulit wajah berminyak dapat membuat tampak kusam.

Adanya aktivitas yang padat seringkali membuat lupa merawat kulit wajah. Selain merawat kulit, penting juga menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh, karena akan memengaruhi kondisi kulit.

Baca juga: 4 Tips Merawat Kulit Berminyak 

Diperlukan beberapa perubahan pola makan. Jika Anda memiliki kulit berminyak, ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari supaya kulit tidak berminyak. Berikut ini makanan tersebut, seperti dilansir NDTV.

1. Daging

Daging mengandung kadar natrium yang sangat tinggi sehingga menahan air kemudian menyebabkan pembengkakan dan membuat kulit terlihat sangat berminyak.

Daging. (Foto: Stockking/Freepik)

2. Kedelai

Kedelai juga mengandung fitoestrogen yang dapat mengganggu keseimbangan hormonal. Ketidakseimbangan ini bisa membuat kulit menjadi berminyak dan memicu timbulnya jerawat.

3. Biji-bijian olahan

Sereal olahan dapat membahayakan kulit karena dapat meningkatkan kadar gula darah yang menyebabkan kulit berminyak.

Baca juga: Kulit Kamu Berminyak, Coba 4 Tips Makeup Ini Yuk 

4. Cokelat

Beberapa cokelat mengandung pemanis buatan yang membuat kulit berminyak dan menyebabkan jerawat.

5. Gandum

Gandum diduga mengandung gluten dan asam fitat yang lebih tinggi dan menyebabkan pencernaan sulit. Gangguan pencernaan mengganggu proses perendaman nutrisi, yang mempengaruhi kulit dengan cara yang tidak diinginkan.

6. Bacon

Bacon berada di urutan teratas dari daftar makanan berminyak, membuat kulit sangat berminyak dan menyebabkan pertumbuhan jerawat.

7. Udang

Udang mengandung allergen yang bisa menyebabkan jerawat dan sifat berminyak. Di sisi lain, udang juga mengandung yodium tinggi yang dapat menyebabkan ruam kulit.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Bikin Wajah Anda Makin Berminyak 

8. Mangga

Mangga dianggap bersifat panas, bila dikonsumsi dapat memanaskan tubuh yang berujung pada jerawat, bintik, dan membuat kulit berminyak.

9. Nangka

Studi menunjukkan nangka meningkatkan suhu tubuh sehingga dapat menyebabkan jerawat.

10. Cabai

Cabai dapat memicu flare-up dan menimbulkan rasa panas di tubuh dan dapat membuat kulit menjadi berminyak sehingga menimbulkan banyak jerawat terutama jika Anda rentan terhadapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini