7 Cara Merawat Kacamata Supaya Tahan Lama, Yuk Disimak

Poppy Fadhilah, Jurnalis · Sabtu 20 Februari 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 20 612 2365181 7-cara-merawat-kacamata-supaya-tahan-lama-yuk-disimak-4YXZdo3ceZ.jpg Ilustrasi cara merawat kacamata. (Foto: Prostooleh/Freepik)

KACAMATA adalah salah satu benda yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Bagi penderita gangguan penglihatan, kacamata merupakan pelengkap yang paling berguna dan tidak bisa dilepaskan.

Dikarenakan dipakai setiap saat, kacamata terkadang bisa menjadi mudah rusak. Hal ini tentu saja tidak diinginkan setiap penggunanya.

Baca juga: Pakai Kacamata Pintar Ini 90 Menit, Diklaim Bisa Sembuhkan Rabun Jauh 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya hal itu tidak terjadi. Berikut Okezone rangkum tujuh cara merawat kacamata supaya tahan lama, sebagaimana dilansir The Healthy.

1. Selalu lepas dengan dua tangan

Melepas kacamata dengan satu tangan memang terlihat lebih keren. Namun, hal ini dapat membuat kacamata longgar dan tidak sejajar. Maka itu, selalu lepas kacamata dengan dua tangan untuk menghindari pelonggaran atau ketidaksejajaran kacamata yang akhirnya membuat bingkai kacamata tidak lagi pas dengan wajah.

Kacamata hitam. (Foto: Nietjuh/Pixabay)

2. Hati-hati saat membersihkannya

Hindari pembersih kacamata yang mengandung amonia atau alkohol karena bahan kimia yang keras dapat merusak lapisan pada lensa. Sebagai gantinya, cuci kacamata menggunakan larutan sabun cuci piring dan jari-jari secara lembut.

Setelah itu, keringkan lensa dengan kain mikrofiber yang dirancang khusus untuk kacamata. Jangan pernah gunakan tisu biasa, handuk kertas, atau bahan berbasis kayu lainnya karena dapat menyebabkan goresan.

3. Jangan pakai di atas kepala

Memakai kacamata di atas kepala mungkin terasa nyaman atau terlihat gaya bagi sebagian orang. Tapi sayangnya hal ini berisiko meregangkan kacamata. Tidak hanya itu, minyak alami dari rambut dan kulit kepala dapat mengotori atau memengaruhi lensa.

Baca juga: Koleksi Kacamata Keren Amanda Manopo, Harganya Capai Rp5 Jutaan 

4. Hentikan slip

Jika kacamata meluncur ke bawah hidung, cobalah Wedgees. Wedgees adalah sepotong bahan kain yang dengan mudah diselipkan ke gagang kacamata agar tetap terpasang di tempatnya.

Anda juga bisa gunakan Nerdwax, campuran lilin lebah dan minyak kelapa yang dapat dioleskan langsung ke bagian bantalan hidung pada kacamata. Untuk perbaikan yang lebih permanen, tanyakan kepada ahli kacamata tentang mengaplikasikan pipa kawat pada earphone untuk menambah pegangan ekstra.

5. Jangan letakkan sisi lensa di bawah

Meletakkan bagian lensa di arah bawah dapat menyebabkan goresan yang serius. Karena itu, tidak ada salahnya berinvestasi pada hard case atau kotak kacamata untuk menjaga keamanan dan keawetan kacamata.

Baca juga: Arya Saloka Pakai Kacamata Rp6 Juta, Netizen: Menangis Dompet Kosongku Melihat Ini 

6. Jauhkan dari keadaan yang sangat panas

Jangan tinggalkan kacamata di dalam mobil pada hari yang hangat. Sebagian besar bingkai saat ini biasanya dibuat dengan menuangkan plastik cair ke dalam cetakan, jadi jika terlalu panas, dapat meleleh atau menjadi terlalu fleksibel.

7. Hindari air laut untuk membilas kacamata

Kacamata kotor saat berlibur di pantai? Jangan gunakan air laut untuk membilasnya. Hal ini karena kristal garam atau pasir kecil dapat menggores lensa. Bisa menggunakan air kemasan untuk membilasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini