Tips Membersihkan Layar TV dengan Benar, Nonton pun Jadi Lebih Berkualitas

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Sabtu 20 Februari 2021 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 20 612 2365194 tips-membersihkan-layar-tv-dengan-benar-nonton-pun-jadi-lebih-berkualitas-6gFO4oDR7z.jpg Ilustrasi layar TV. (Foto: Shutterstock)

MELALUI waktu libur di rumah biasanya diisi dengan menonton televisi. Terkadang menonton TV menjadi sebuah momen yang mungkin sangat dinantikan bagi sebagian orang yang memiliki kesibukan cukup padat.

Menonton tayangan berkualitas tentunya akan lebih enak dengan kecerahan dan tampilan layar televisi yang juga baik. Jika layar TV bersih tanpa ada sedikit pun kotoran atau debu menempel, Anda bisa menikmati acara atau film favorit dengan nyaman.

Baca juga: Studi Temukan Sebagian Pasien Covid-19 Mengalami Benjolan di Mata 

Oleh karena itu, penting membersihkan layar TV demi melihat gambar yang jernih, juga menghindari virus menempel. Apalagi di masa pandemi, orang-orang menjadi lebih sering dan rutin membersihkan seisi rumah. Ini demi mencegah debu atau kotoran menempel.

Namun, perlu diperhatikan beberapa hal saat membersihkan layar TV supaya tidak lecet atau rusak. Seperti dilansir Goodhousekeeping, berikut tips membersihkan layar TV dengan benar untuk meminimalkan goresan.

Televisi. (Foto: Shutterstock)

1. Gunakan kain atau kemoceng yang bersih. Kain kotor dapat menumpuk kembali debu atau kotoran yang bisa menyebabkan goresan.

2. Hindari menggunakan kain pembersih yang telah digunakan sebelumnya. Sebab, kain bersih yang masih terawat tetapi pernah digunakan memang memiliki hasil akhir berminyak. Ini bagus untuk mengangkat debu pada furnitur kayu, tetapi bisa meninggalkan endapan kotoran di layar TV.

Baca juga: 9 Hal yang Harus Dilakukan Usai Makan Makanan Tinggi Kolesterol 

3. Balik kain sesering mungkin saat terkena debu.

4. Seka layar terlebih dahulu dengan satu arah (horizontal atau vertikal). Lalu seka kedua kalinya ke arah yang berlawanan untuk menutupi seluruh layar secara menyeluruh dan menangkap setiap goresan.

5. Bersihkan layar dengan kondisi TV sudah dimatikan. Ini membuat lebih mudah melihat dan menghilangkan coretan saat layar menjadi hitam.

6. Bersihkan TV setiap pekan. Debu dan sidik jari yang sudah menumpuk pada layar akan makin sulit dihilangkan. Gunakan kain mikrofiber untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.

7. Jangan pernah menyemprotkan apa pun secara langsung ke layar televisi, bahkan televisi tabung kaca. Semprotan yang berlebihan bisa masuk ke kabinet dan masuk ke bagian dalam TV. Ini berbahaya karena akan merusak perangkatnya.

Baca juga: BPOM Segera Terbitkan Izin Vaksin AstraZeneca Jalur Multilateral 

8. Gunakan sikat pembersih debu lembut dan penyedot debu rendah untuk menghilangkan debu dari ventilasi, port, dan sambungan kabel.

9. Ikuti petunjuk dari pabrik.

10. Jauhi produk yang mengandung amonia, alkohol, atau aseton, karena dapat merusak layar televisi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini