Vaksin Covid-19 Mandiri Bakal Gratis atau Harus Bayar?

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 20 Februari 2021 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 20 612 2365352 vaksin-covid-19-mandiri-bakal-gratis-atau-harus-bayar-veyhZbULj8.jpeg Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

ISU akan adanya vaksin Covid-19 mandiri gotong royong tengah menimbulkan pertanyaan di masyarakat. Pasalnya, pemerintah telah menjanjikan vaksin gratis umtuk seluruh warga Indonesia.

Dalam Peraturan Presiden (Perpres) yang dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo, yang diperbaharui pekan ini. Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyebutkan, dengan adanya revisi PerPres tersebut maka pengadaan vaksin Covid-19 secara mandiri ini memang terbuka.

“Dengan adanya revisi PerPres yang baru keluar pekan ini, vaksin mandiri gotong royong memang terbuka. Ada beberapa guidance yang kita berikan, yang pertama prinsip dasarnya bahwa vaksin Covid-19 itu diberikan gratis ke seluruh rakyat Indonesia oleh pemerintah,” kata Menkes Budi, dalam konferensi pers virtual, ‘Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Mikro’, Sabtu (20/2/2021).

Merujuk pada prinsip pertama di atas, Menkes Budi menegaskan walau nanti ada vaksin mandiri, tapi hal ini tidak menghilangkan hak vaksin Covid-19 gratis. “Walau ada vaksin gotong royong, ini tidak menghilagkan hak rakyat untuk dapat vaksin gratis,” tegasnya.

Menkes Budi menerangkan, vaksin mandiri gotong royong ini adalah wujud kerjasama pemerintah dengan stakeholder lain, termasuk para pihak swasta untuk melakukan percepatan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

“Karena kita sampai sekarang belum ada bukti ilmiah pasti, berapa lama vaksin ini bisa kasih kekebalan di tubuh. Artinya makin cepat (vaksinasi) makin baik, jangan sampai kekebalan tubuhnya sudah selesai, tapi kemudian program vaksinasinya belum selesai,” pungkas Menkes Budi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini