WNA Boleh Masuk Indonesia, Tapi Ada Syaratnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 20 Februari 2021 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 20 612 2365363 wna-boleh-masuk-indonesia-tapi-ada-syaratnya-krZGOEfmAU.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menegaskan bahwa warga negara asing (WNA) yang diperbolehkan masuk ke Indonesia saat ini harus punya perizinan khusus dan punya kepentingan.

"WNA yang diperbolehkan ke Indonesia sekarang harus memiliki perizinan khusus dan mereka ada kepentingan bisnis esensial," katanya di webinar, Sabtu (20/2/2021).

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) itu pun menerangkan bahwa ada negara-negara khusus yang diperbolehkan warganya datang ke Indonesia saat ini.

"Mereka berasal dari negara-negara yang masuk dalam travel koridor bilateral antara Indonesia dan negara-negara tersebut. Jadi, tentunya ini mulai ada yang bisa masuk," tambahnya.

Covid

Meski begitu, Menko Airlangga memastikan para WNA itu harus mengikuti protokol kesehatan yang sangat ketat saat sudah datang ke Indonesia.

Jadi, setibanya di Indonesia, para WNA ini akan diminta menjalani karantina selama 5 hari pada tempat atau hotel yang mereka pilih sendiri dengan pilihan yang sudah disiapkan.

"Setelah 5 hari karantina, WNA itu kembali menjalani tes PCR untuk memastikan status kesehatannya. Biaya karantina ditangguhkan kepada WNA itu sendiri," kata Menko Airlangga.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini