Tips Anti-kebanjiran ala Orang Depok, Modal Tripleks dan Lilin

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 20 Februari 2021 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 20 612 2365475 tips-anti-kebanjiran-ala-orang-depok-modal-tripleks-dan-lilin-DF8MlGQDEd.jpeg Banjir Jakarta. (Foto: Okezone/Heru)

HUJAN deras membuat banjir terjadi di beberapa lokasi. Area Kemang, Jakarta Selatan, jadi sorotan banyak orang di media sosial. Tidak hanya itu, daerah lainnya pun memperlihatkan kondisi banjir yang memprihatinkan.

Bicara soal banjir, ada solusi yang bisa Anda lakukan agar memastikan air banjir tidak masuk ke rumah. Tips ini tentunya tidak berlaku jika kondisi ketinggian air melebihi atap rumah.

Jadi, agar genangan air banjir tidak masuk rumah, netizen yang tidak diketahui namanya membagikan tips murah dan mudah. Bahan-bahan yang diperlukan pun sangat mudah didapatkan.

"Di rumah bapak ibu yang banjirnya enggak terlalu tinggi, kalian bisa membuat bendungan dengan teknik yang sangat sederhana untuk menahan air masuk ke dalam rumah," kata pria di video yang tengah viral di media sosial.

Dia melanjutkan, bahan-bahan yang diperlukan adalah tripleks biasa, besi rak buku, dan lilin malam yang biasa dibuat mainan anak.

Jadi bagaimana cara membuat bendungan itu?

Jika diperhatikan dari video viral itu, kayu tripleks ditempatkan di pintu. Untuk memperkuat kayu tersebut dan supaya tidak mudah goyang, dipasang juga di kanan dan kirinya besi yang biasa digunakan untuk rak buku. Besi tersebut harus disekrup masuk ke dalam kusen pintunya.

Setelah itu, lilin diperkukan untuk merekatkan bagian-bagian dari tripleks dan besi. Jadi, lilin ditempatkan di sisi kanan dan kiri dan jangan lupa dipasang juga di bagian luar rumah.

Bendungan tersebut diakui si bapak dapat menghalangi air masuk ke dalam rumah. "Air yang ada di dalam rumah saya bersih, karena memang bukan berasal dari air banjir tapi dari dalam rumah," terangnya.

Sementara itu, di video lain pun seorang netizen memperlihatkan bahwa teknik pemasangan bendungan sederhana dari tripleks itu sangat berguna. Bedanya, si netizen di video kedua menambahkan bahan berupa koran untuk memperkuat bendungannya.

Video tips ini ramai di media sosial. Respons netizen pun sangat beragam.

"Dulu gw malah pakai lempung bikinnya mayan daripada kasur gw ngambang, daleman gw kayak ikan sapu-sapu," komen @thee.***.

"Lah, ini mah teknik saya dari dulu. Zaman kuliah kontrakan banjir pakai papan plus lilin mainan," kata @rahmat_afrian**.

"Itu jurus lama. Orang-orang Cibulan, Depok 2 Timur semua pakai jurus itu sejak dulu," ungkap @allanis_***.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini