Beautypedia, Cara Memakai Sampo yang Benar

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 21 Februari 2021 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 21 611 2365738 beautypedia-cara-memakai-sampo-yang-benar-2hUK0WX6Ca.jpg Keramas (Foto: The Independent)

Dahulu, orang-orang menggunakan tepung nabati dan cuka sari apel untuk menyedot minyak dan membersihkan kulit kepala. Beruntungnya, Anda tak perlu sesulit itu jika ingin membersihkan rambut dan kulit kepala sebab saat ini ada sampo.

Pada 1930, John Breck memperkenalkan sampo cair pertama di Amerika Serikat. Sampo Breck meledak dalam beberapa dekade berikutnya, sebagian besar karena iklan populernya yang menampilkan selebriti yang sedang naik daun seperti Christie Brinkley, Brooke Shields, dan Cybill Shepherd.

 pakai sampo

Pesan utama dari kampanye ini adalah agar rambut sehat, Anda harus keramas beberapa kali seminggu. Saat itu, banyak merk lain yang bermunculan dengan berbagai benefit yang mereka tawarkan.

Saat ini, sampo biasanya berbentuk cairan kental. Formula khas sampo biasanya mengandung surfaktan seperti sodium lauryl sulfate atau sodium laureth sulfate, yang mengemulsi minyak dan kotoran pada rambut dan kulit kepala.

Kotoran yang terlepas kemudian tersapu saat rambut dibilas. Tergantung pada jenis formulanya, sampo juga mengandung bahan-bahan lain untuk memberikan tampilan atau rasa tertentu pada rambut, seperti silikon untuk menghaluskan atau minyak kelapa untuk melembabkan.

Cara memakai sampo dengan benar

Melansir Allure, untuk mendapatkan hasil maksimal dari keramas, pertama-tama basahi rambut Anda dengan air. Semakin basah rambut, semakin sedikit sampo yang Anda butuhkan. Kemudian, taruh sekitar satu sendok makan sampo ke tangan Anda dan mulai oleskan ke kepala Anda.

Konsentrasikan sampo Anda pada kulit kepala karena di sanalah minyak diproduksi dan paling terlihat (sisa rambut menjadi cukup bersih selama proses pembilasan).

Ini mungkin terlihat bagus dalam iklan tetapi hindari menumpuk rambut Anda di atas kepala Anda saat berbusa. Karena itu akan membuat rambut Anda menjadi kusut, terutama di bagian ujung rambut.

Saat Anda mengaplikasikan produk, hindari juga gerakan melingkar karena ini juga dapat membuat kerusakan. Sebagai gantinya, cukup pijat dengan gerakan naik-turun atau menyamping dengan ujung jari Anda.

Setelah Anda menggosok kulit kepala, bilas hingga bersih. Residu sampo yang menempel pada helai rambut Anda dapat membuatnya kusam, jadi lakukan langkah ini dengan benar hingga tidak ada lagi residu sampo yang tersisa.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini