5 Cara Mudah Tenangkan Anak Menangis Tanpa Gunakan Gadget

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 22 Februari 2021 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 21 612 2365849 5-cara-mudah-tenangkan-anak-menagis-tanpa-gunakan-gadget-VOR1pDYIsW.jpg Ilustrasi anak menangis. (Foto: Jcomp/Freepik)

SEBAGIAN besar orangtua memberikan gadget kepada anak setiap kali gagal menangani tangisan mereka. Tetapi terlalu banyak waktu menatap gadget dapat membahayakan anak-anak.

Maka itu, ada langkah alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak menangis. Seperti dilansir laman Times of India, berikut cara mudah menenangkan anak yang menangis tanpa menggunakan gadget.

Baca juga: Viral Wanita Berusia 23 Tahun Sudah Punya 11 Anak, Masih Mau Tambah Lagi 

1. Tenang

Saat anak menangis atau berteriak, hal pertama yang harus dilakukan adalah menenangkan diri. Jangan langsung menanggapi tindakan mereka. Ini mungkin menenangkan mereka.

Anak menangis. (Foto: Mdjaff/Freepik)

2. Bermainlah dengan mereka

Anak-anak suka bermain dan karenanya bermain dengan mereka adalah cara terbaik mengatasi tangisannya. Mencoba aktivitas baru juga akan membuat anak-anak kreatif serta membuatnya sibuk.

Baca juga: Ini Tanda Anak Kurang Zat Besi, Salah Satunya Mudah Lupa 

3. Minta opsi

Tanyakan kepada anak-anak tentang pilihan yang dapat membantunya tenang. Tapi pastikan opsi ini selain dari apa yang tidak diperbolehkan.

4. Tarik napas dalam

Jika anak frustrasi, minta dia untuk menarik napas dalam-dalam. Ajari mereka bagaimana melakukannya. Menarik napas dalam sangat membantu saat anak merasa tertekan secara emosional.

Baca juga: Anak Susah Makan Sayuran? Atasi dengan Trik Khusus dari Dokter Gizi Ini 

5. Peluk mereka

Pelukan bekerja dengan baik saat anak merasa sedih atau tersisih. Ini membantu dalam mengurangi tekanan emosional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini