Rawon Makanan Berkuah Terlezat se-Asia, Kuliner Indonesia Kian Mendunia!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 22 Februari 2021 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 298 2366176 rawon-makanan-berkuah-terlezat-se-asia-kuliner-indonesia-kian-mendunia-obQesTD9ui.jpg Rawon makanan berkuah terlezat di Asia versi Taste Atlas (Foto : Instagram/@fitrisasmaya)

Selain keanekaragaman budaya, kuliner Indonesia juga terkenal akan kelezatannya.  Masing-masing daerah menyajikan hidangan terbaik, bahkan beberapa di antaranya pernah masuk nominasi dunia.

Setelah sebelumnya media internasional CNN menobatkan rendang sebagai makanan terenak nomor satu di dunia, kini sebuah lembaga survey berbasis di Kroasia yakni TasteAtlas, menobatkan rawon sebagai makanan berkuah atau sup terenak nomor satu se-Asia.

Mengutip akun Instagram @seasia.co pada Senin (22/2/2021), ada 12 nominasi sup yang masuk. Dan makanan asal Jawa Timur inilah yang berhasil menempati urutan pertama.

Kuliner Indonesia

Terdapat 63.402 partisipan yang memberikan suaranya dalam survei tersebut. Beberapa di antaranya terdiri dari beberapa tokoh di restoran profesional.

Baca Juga : 4 Makanan Berkuah yang Cocok Disantap saat Musim Penghujan

Baca Juga : Selain Makanan Pedas, Maria Ozawa Jatuh Cinta dengan Sate Indonesia

Setelah sup rawon yang berhasil menempati urutan pertama, kemudian disusul oleh gulai cincang. Wajar saja, ini karena gulai cincang hampir tersedia di berbagai rumah makan, terutama restoran Padang.

Selain itu, gulai cincang juga selalu diburu pembeli. Menurut pantauan MNC Portal Indonesia, gulai cincang merupakan salah satu menu yang paling banyak dipesan di rumah makan Padang setelah rendang.

Terakhir, sayur asem juga berhasil menempati urutan ke 12 sebagai makanan berkuah terfavorit. Ya, menu berkuah yang banyak ditemui di Jawa Barat, Jakarta, dan Banten ini memang segar sekali saat disantap.

Kuliner Indonesia

Sayur asem pun memiliki ciri yang berbeda tergantung dari mana mereka berasal. Di Jawa Barat, sayur asem Sunda cenderung lebih sedikit isinya dan ciri khas yang menonjol adalah menggunakan kacang tanah yang sudah terkupas.

Sedangkan di Jakarta, sayur asem cenderung memiliki warna kuah yang bening. Serta menggunakan kacang tanah beserta kulitnya. Orang Betawi juga cenderung menikmati sayur asem di mangkuk yang terpisah dengan nasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini