Cegah Depresi saat Pandemi Covid-19, Konsumsi 6 Makanan Ini

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 298 2366325 cegah-depresi-saat-pandemi-covid-19-konsumsi-6-makanan-ini-rGt2t2ORok.jpg Manfaat apel (Foto: AARP)

Cobaan dalam hidup kadang tak bisa dihindari. Misalnya saja seseorang ada yang mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan di tengah panademi seperti putus cinta, kena PHK, bahkan bercerai. Semua itu membuat sedih dan depresi.

Namun jika kamu mengalaminya, jangan sedih berkepanjangan. Cobalah melihat sisi lain dunia dan konsumsi makanan yang bikin hidup lebih indah. Lalu apa saja makanan yang bisa membantu kamu melawan depresi?

 tomat

1. Tomat

Asam alfa-lipoat dan asam folat banyak terdapat dalam tomat. Keduanya bermanfaat untuk melawan depresi. Studi menemukan bahwa kekurangan folat adalah hal biasa pada sekitar sepertiga orang yang menderita depresi. Asam folat membantu melawan homocysteine, yang menolak produksi bahan kimia bahagia. Seperti dilansir dari NDTV, tomat cukup aktif untuk mencegah seseorang terpuruk dalam depresi.

 

2. Apel

Apel memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan kemampuan untuk melawan peradangan sel, yang melindungi sel-sel Anda terhadap efek berbahaya dari oksidasi dan meningkatkan suasana hati. Serat dalam apel dapat ditingkatkan dengan omega 3 dari mentega almond saat dikonsumsi bersama. Saat kamu sedang sedih dan galau, jangan lupa makan apel ya agar mood-mu membaik.

 

3. Sayuran berdaun hijau

Ketika datang ke makanan kaya nutrisi tinggi yang dapat melawan peradangan dan melindungi terhadap kanker dan penyakit lainnya, sayuran berdaun hijau mengambil hadiahnya. Bayam, selada, kubis dan lainnya melindungi otak Anda dari peradangan, sehingga membantu Anda mengalahkan depresi.

4. Makanan mengandung vitamin D

Vitamin D juga dijuluki sebagai pil bahagia. Sinar matahari adalah sumber terbesar Vitamin D, yang memiliki hubungan penting dengan suasana hati kita. Studi menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin D lebih mungkin mengalami gejala terkait depresi.

Itu adalah alasan mengapa kebanyakan orang yang menderita depresi disarankan untuk menghabiskan waktu berkualitas di bawah sinar matahari setiap hari. Selain sinar matahari, Vitamin D juga ditemukan di beberapa makanan seperti susu, okra dan ikan berminyak. Namun, kuantitas nutrisi dalam makanan lebih sedikit.

5. Makanan yang mengandung antioksidan

Antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas yang terkait dengan penuaan, kerusakan sel, dan masalah kesehatan lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa otak kita sangat berisiko terhadap radikal bebas dan memasukkan makanan kaya antioksidan ke dalam makanan dapat membantu mencegahnya.

Makanan kaya vitamin A, vitamin C dan vitamin E juga mengandung antioksidan. Jadi, kita harus makan lebih banyak nutrisi ini. Makanan seperti wortel, brokoli, bayam, jeruk, tomat, kacang-kacangan dan biji-bijian harus menjadi bagian dari makanan harian Anda.

6. Makanan penuh protein

Makanan penuh protein sehat seperti kalkun, tuna, ayam, kacang-kacangan, produk kedelai bermanfaat dalam meningkatkan kewaspadaan Anda dan meningkatkan suasana hati kamu. Ini juga memberi energi untuk menjalani harimu. Tetap semangat ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini