Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia, Ini Mekanisme Pendaftarannya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 22 Februari 2021 09:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 481 2366036 vaksinasi-covid-19-untuk-lansia-ini-mekanisme-pendaftarannya-JXMDCPMeZx.jpg Ilustrasi vaksinasi covid-19 untuk lansia. (Foto: Okezone)

LANSIA dengan usia di atas 60 tahun menjadi salah satu target sasaran penerima vaksinasi covid-19 tahap kedua. Vaksinasi untuk lansia pun sudah dimulai di DKI Jakarta dan ibu kota provinsi lainnya di seluruh Indonesia.

Pemerintah akan memberikan prioritas awal vaksinasi covid-19 di Pulau Jawa dan Bali, sebab tingkat penularan virus corona di dua wilayah ini sangat tinggi. Bagi masyarakat lansia yang berminat, setidaknya terdapat dua mekanisme pendaftaran vaksinasi.

Baca juga: Lansia Antusias Ikut Vaksinasi Covid-19 di RSUD Kembangan, Antre Sampai Jalanan 

Merangkum dari unggahan akun Instagram Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, Senin (22/2/2021); opsi pertama, vaksinasi covid-19 dapat dilakukan di fasilitas layanan kesehatan, misalnya puskesmas atau rumah sakit milik pemerintah dan swasta.

Opsi kedua yakni dengan vaksinasi massal oleh organisasi atau institusi yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan setempat. Di antaranya organisasi para pensiunan ASN, Pepabri atau Veteran Republik Indonesia, serta organisasi keagamaan atau kemasyarakatan lainnya.

Baca juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka, Buruan Daftar!

Pemerintah juga mengimbau kepada seluruh sasaran yang telah divaksin, diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan 3M dengan ketat. Memakai masker dengan benar, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun dengan rutin agar dapat memberikan perlindungan yang optimal.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini