Efek Samping Vaksin Covid-19 Mirip Gejala Kanker Payudara, Apakah Berbahaya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 22 Februari 2021 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 481 2366107 efek-samping-vaksin-covid-19-mirip-gejala-kanker-payudara-apakah-berbahaya-pox9LvkNg7.jpg Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Freepik)

DOKTER Holly Marshall dari University Hospitals, Amerika Serikat, menemukan fenomena baru dari efek samping vaksin covid-19. Efek samping tersebut yaitu gejala mirip kanker payudara.

"Kami melihat kasus pembengkakan kelenjar getah bening di area payudara meningkat dalam beberapa minggu terakhir," kata dr Holly Marshal, seperti dilansir laman Fox8.

Baca juga: Lansia Antusias Ikut Vaksinasi Covid-19 di RSUD Kembangan, Antre Sampai Jalanan 

Itu artinya terjadi adenopati aksila pada pemeriksaan mammogram pasien yang telah mendapat vaksinasi covid-19. Kondisi tersebut adalah efek samping vaksinasi yang dapat disalahartikan sebagai kanker payudara.

"Ini sebenarnya respons normal yang dimiliki tubuh terhadap vaksin," tambahnya.

Kelenjar getah bening sendiri adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang membantu tubuh melawan virus atau bakteri yang dapat membahayakan kesehatan.

Baca juga: Presiden Jokowi Lantik Dewas dan Direksi BPJS Kesehatan 

Sementara ahli epidemiologi dari Griffith University Australia, Dicky Budiman, menjelaskan bahwa fenomena ini tidak harus dikhawatirkan. Sebab, bukan berarti vaksin covid-19 menyebabkan kanker payudara.

"Terkait temuan adanya efek samping vaksinasi covid-19 yaitu gejala kanker payudara, itu bukan berarti orang yang mendapatkan vaksin akan terkena kanker payudara," terang dia ketika dikonfirmasi Okezone, Senin (22/2/2021).

Dicky menjelaskan, ketika divaksin, seseorang akan kemasukan antigen atau satu serangan buatan dari virus penyebab covid-19.

"Nah, salah satu reaksi yang bisa terjadi adalah pembesaran lymp atau kelenjar getah bening. Karena penyuntikkan dilakukan di siku, ada sel-sel kekebalan tubuh yang membesar di dekat ketiak termasuk payudara. Ini yang terbaca di mammogram dan dianggap sebagai gejala kanker payudara," paparnya.

Baca juga: Cara Pendaftaran untuk Divaksin Covid-19 bagi Lansia 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini