Lansia NU Capai 9 Juta, Begini Rencana Pemerintah untuk Vaksinasi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 22 Februari 2021 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 481 2366353 lansia-nu-capai-9-juta-begini-rencana-pemerintah-untuk-vaksinasi-covid-19-djjKwlERPm.jpg Lansia perlu divaksin (Foto: Evolvor)

Pemerintah sedang fokus untuk memulai vaksinasi Covid-19 tahap kedua yang menargetkan kelompok lanjut usia (lansia). Sebagai mana diketahui lansia merupakan kelompok yang rentan terinfeksi Covid-19.

Selain itu, populasi lansia di Tanah Air juga cukup banyak, sehingga membutuhkan perhatian serius dari pemerintah. Ketua Satgas NU Peduli Covid-19, dr. Makky Zamzami menyebut bahwa lansia di NU seluruh Indonesia jumlahnya hampir 9 juta orang. Mereka perlu mendapatkan vaksin agar terlindungi dari Covid-19.

Vaksinasi Covid-19 

Sementara itu, Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi berharap bahwa vaksinasi bisa sesuai dengan tahapannya. Sebab hal ini juga menyangkut kepentingan ketersediaan vaksin di masing-masing daerah.

“Nanti mungkin basis-basis NU akan kita koordinasikan dengan dinas kesehatan setempat. Sebetulnya ini seperti vaksinasi massal bergerak. Seperti yang ada di Istora Senayan, Jakarta,” terang dr. Siti dalam dialog Vaksinasi Tahap 2: ‘Cinta untuk Lansia’, Senin (22/2/2021).

Jika memungkinkan, ujar dr. Siti, pemerintah bisa melakukan vaksinasi massal seperti di Istora Senayan, tapi dengan skala yang lebih kecil. Selain itu, diskusi tempat bagaimana pelaksanaannya bisa dilakukan oleh dinas kesehatan, di mana terkonsentrasi dengan basis-basis NU tadi.

“Kalau memang jumlahnya terlalu kecil, mungkin bisa ke puskesmas secara langsung. Tapi kalau jumlahnya besar, bisa jadikan satu kali, misalkan di salah satu pesantren yang kemudian tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan kita bisa melakukan penyuntikan vaksinasi pada lansia ini,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini