Kemenkes Sebut Tak Ada Efek Samping Serius Vaksinasi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 481 2366461 kemenkes-sebut-tak-ada-efek-samping-serius-vaksinasi-covid-19-QXzE65Hva7.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Kelompok lanjut usia (lansia) bakal mendapatkan vaksin Covid-19 dalam waktu dekat. Meski demikian, banyak masyarakat yang masih takut dan ragu untuk divaksin. Mereka khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan pada tubuh.

Lantas apa saja efek samping vaksin Covid-19 bagi lansia? Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi, mengatakan dalam dialog Vaksinasi Tahap 2: ‘Cinta untuk Lansia’, bahwa vaksin Covid-19 relatif aman untuk digunakan.

“Kalau sampai sekarang, kita tahu bahwa penyuntikan sudah hampir dua juta lebih. kalau ditotal dosis satu dan dosis dua, sebenarnya tidak ada kejadian efek samping yang berat. Rata-rata ini hanyalah gejala efek samping yang ringan saja,” terang dr. Siti, Senin 22 Februari 2021.

Vaksinasi Covid-19

Baca Juga : 2 Bukti untuk Nyatakan Seseorang Meninggal Akibat Vaksinasi Covid-19

Lebih lanjut, banyak kasus-kasus yang disampaikan dan diperkirakan merupakan dugaan dari akibat efek samping. Namun, ternyata gejala tersebut memang bukan karena vaksinasi.

“Banyak kejadian misalnya stres pasca penerimaan imunisasi. Jadi karena mungkin kecemasan yang berlebihan, sering dilaporkan adanya pingsan dan juga kejang-kejang. Namun setelah penanganan, ini tidak ada hubungannya dengan vaksinasi,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini