Sakit Punggung karena Kebanyakan Duduk, Cona Lakukan 4 Tips Ini

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 06:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 612 2366532 sakit-punggung-karena-kebanyakan-duduk-cona-lakukan-4-tips-ini-gokq5JFhB2.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI Covid-19 yang berlangsung kurang lebih sudah selama satu tahun belakangan ini, membuat sebagian besar kaum pekerja harus bekerja dari rumah alias work from home (WFH). Salah satu masalah yang dialami banyak orang karena WFH adalah sakit atau nyeri di bagian punggung, karena terlalu lama duduk di satu posisi yang sama ketika bekerja.

Dengan mengetahui trik yang tepat, sebetulnya sakit punggung ‘penyakit WFH’ ini bisa dihindari. Salah satunya dengan 4 trik dari dokter Naimish Baxi, M.D., ahli fisioterapi Hospital for Special Surgery, New York sekaligus asisten profesor di Weil Cornell Medical College berikut ini, sebagaimana dilansir Men’s Health.

Duduk dengan posisi tepat

Saat duduk di kursi kerja di rumah, usahakan sebisa mungkin monitor laptop atau komputer berada di level sejajar dengan mata (eye level). Sehingga posisi siku, tertekuk sekitar 100-110 derajat. 

Jika Anda menggunakan laptop, keyboard dan mouse harus terpisah sehingga bisa memposisikan layar dengan lebih baik. Hal ini mencegah posisi membungkuk, yang dapat menyebabkan bahu membulat dan leher bengkok ke depan, serta rasa nyeri dan kejang di leher dan punggung atas.

Sakit punggung

Lawan rotasi leher

Ketika duduk, lakukan gerakan chin tucks (menarik dagu) dan melawan rotasi leher, tekan tangan Anda terhadap satu sisi rahang dan mencoba untuk memutar leher melawan rotasi. Gerakan ini disebutkan bisa mengaktifkan otot-otot yang mengelilingi dan mendukung tulang belakang serviks. 

Semakin kuat otot-otot ini, semakin mudah waktu kita memegang kepala, leher, dan punggung di posisi yang tepat, yang membantu mencegah nyeri leher.

Olahraga rutin

Lakukan olahraga ringan secara konsisten, cukup 10 menit dan bisa dilakukan empat kali dalam seminggu. Mulai dari planks, hip thrusts, over-unders, bicycles. Satu set pertama selama 45 detik, lalu 15 detik untuk set kedua, lakukan sebanyak 2 kali. 

Melatih otot perut dan pinggul seperti ini, bisa menguatkan pondasi yang lebih kuat di area tulang belakang dan melindungi bagian cakram.

Hindari minum obat terlalu sering

Sebisa mungkin jangan langsung minum obat anti inflamasi seperti ibuprofen atau naproxen ketika mengalami nyeri punggung. Peradangan adalah cara tubuh untuk menyembuhkan secara alami.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini