Tujuh Kebiasaan Baik Agar Rumah Selalu Bersih dan Rapi

Karina Asta Widara , Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 12 2366827 tujuh-kebiasaan-baik-agar-rumah-selalu-bersih-dan-rapi-x0bDA7Eqqk.jpg fOTO : Dok Freepik

Menjaga kebersihan rumah sebenarnya bukan hal yang sulit. Namun seringkali rasa malas lah yang membuat pekerjaan mudah jadi terasa begitu berat.

Sebagai pemilik rumah, tentunya Anda ingin rumah bisa selalu rapi dan bersih kan? Berikut ini ada sejumlah kebiasaan baik yang bisa Anda terapkan sehari-hari agar rumah terjaga kebersihannya.

1. Segera rapikan kasur setelah bangun tidur

 

Foto : By Freepik

Kebiasaan baik pertama yang wajib Anda praktikkan adalah langsung merapikan kasur setelah bangun tidur. Jangan menunda-nunda dan membiarkan kasur berantakan seharian.

Tidak perlu sampai mengganti seprai setiap hari. Cukup lipat selimut dengan rapi, rapikan posisi bantal dan guling, lalu kencangkan seprai agar tidak kusut. Coba lakukan ini setiap hari, lama-lama Anda pasti akan terbiasa.

2. Gunakan vacuum cleaner untuk bebersih

 

Foto : By Freepik

Kebiasaan baik berikutnya adalah menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan lantai. Dijamin pekerjaan bebersih jadi terasa lebih ringan setelah beralih ke vacuum cleaner.

Debu lebih mudah terangkat dan bebersih lantai jadi lebih cepat selesai. Apa lagi jika di rumah Anda menggunakan karpet. Vacuum cleaner juga cocok juga untuk yang punya alergi karena debu tidak akan berterbangan.

Foto : Ace Hardware

Butuh rekomendasi vacuum cleaner yang cocok untuk hunian Anda? Ini dia salah satunya, Pengisap Debu Kering Nilfisk One. Bentuknya ringkas dan penyimpanannya pun mudah.

Kapasitas tangki debunya 2 liter dengan panjang kabel 5 meter, memudahkan pergerakan Anda sehingga lebih leluasa saat bebersih.

Pengisap debu Nilfisk One juga sangat hemat listrik. Konsumsi daya listriknya hanya berkisar di 280 hingga 700 watt. Hemat listrik, bertenaga, bentuk ringkas, Nilfisk One ini sangat cocok untuk rumah maupun apartemen minimalis.

3. Selalu pel lantai setelah divakum

 

Foto : Ace Hardware

Membersihkan lantai tidak cukup hanya dengan satu langkah. Agar lantai benar-benar bersih dari debu, kuman dan bakteri, jangan pernah lewatkan langkah kedua setelah vakum yaitu mengepel lantai.

Malas membilas dan memeras kain pel dengan tangan? Nah ini dia tandanya, Anda harus beralih ke alat pel yang lebih modern. Anda bisa menggunakan Alat Pel Putar 3in1 Proclean.

Dengan alat pel ini, Anda tidak perlu repot membilas dan memeras dengan tangan. Cukup letakkan alat pel pada bagian dasar ember yang telah diisi air dan cairan pembersih lantai, lalu putar dengan menekan tangkai pel.

Jika ingin mengeringkan kain pel, letakkan pada bagian ember yang memiliki penyaring lalu injak pedal hingga alat pel berputar. Panjang tangkai pel juga bisa disesuaikan dan bentuk kepala pel ergonomis untuk memudahkan Anda menjangkau area yang sulit dibersihkan.

4. Mencuci pakaian setiap hari

 

Foto : By Freepik

Menunda-nunda cucian hingga pakaian bekas pakai menumpuk di keranjang bisa menyebabkan dua efek samping. Pertama, timbul bau dan kuman menempel lama.

Kedua, ketika Anda memutuskan untuk mencuci, pekerjaan terasa lebih berat karena jumlah pakaian sudah terlalu banyak. Jika Anda punya waktu atau kesempatan untuk mencuci pakaian setiap hari, cobalah untuk menerapkan kebiasaan baik ini.

Dengan mencicil cucian, pekerjaan Anda akan terasa lebih ringan. Selain itu, Anda juga dapat menghindari timbulnya kuman dan bakteri karena menumpuk pakaian kotor terlalu lama.

5. Langsung cuci peralatan makan setiap habis makan

 

Foto : By Freepik

Setelah selesai makan, biasakan untuk langsung mencuci peralatan makan Anda seperti piring, gelas, mangkok dan peralatan lainnya. Jangan biarkan benda-benda ini menumpuk di dapur dalam keadaan kotor karena akan menimbulkan bau tidak sedap serta berpotensi mengundang hama seperti tikus atau kecoa.

6. Bersihkan dapur meja setelah memasak

 

Setelah memasak atau makan, usahakan untuk langsung membersihkan kompor, meja dapur dan meja makan. Sisa makanan, minyak atau remah-remah lainnya selain dapat menimbulkan noda, juga dapat mengundang semut dan kecoa.

Gunakan kain lap yang menyerap air untuk bersih-bersih. Agar seluruh permukaan dapur dan meja makan bersih bebas kuman, tambahkan cairan pembersih khusus seperti Germ Clear Disinfectant Astonish.

Produk ini mampu membunuh berbagai jenis bakteri dan kuman seperti E. coli, salmonela, listeria dan MRSA. Germ Clear Disinfectant Astonish ini berbentuk cairan konsentrat super.


Foto : Ace Hardware

Jadi cukup tuangkan sedikit saja produk dan encerkan dengan air. Takaran yang direkomendasikan adalah dua tutup botol konsentrat dengan 1,2 liter air. Selain untuk mengelap permukaan, Anda juga bisa menggunakan produk ini untuk mengepel lantai.

7. Rapikan kabel-kabel di rumah

 

Foto : By Freepik

Kabel TV, komputer, dispenser, kipas angin dan peralatan elektronik lainnya yang dibiarkan menjuntai tidak beraturan dapat membuat rumah semakin terlihat berantakan.

Coba rapikan semua kabel peralatan elektronik di rumah. Gunakan cable ties atau velcro band untuk mengikat kabel. Hasilnya dijamin rapi dan tahan lama. Cable ties harganya lebih murah namun jika ada perubahan, mau tidak mau ikatannya harus digunting.

Kalau ingin bisa dilepas pasang, velcro band bisa jadi pilihan. Namun harganya mungkin sedikit lebih mahal. Tapi satu hal yang pasti, keduanya tidak merusak kabel dan tidak akan meleleh, melar atau putus seperti halnya karet gelang.

Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik ini Anda bisa menjaga agar rumah tetap rapi. Semuanya bisa dilakukan sendiri, tanpa perlu ketergantungan pada ART. Selain tiga produk yang disebutkan di atas, Anda juga dapat menemukan berbagai produk bersih-bersih rumah, laundry dan home living lainnya di ACE.

Anda bisa mengunjungi store ACE terdekat, belanja lewat ACE Online atau install aplikasi MISS ACE di smartphone Anda. Ayo mulai terapkan tujuh kebiasaan baik ini sekarang juga dan miliki rumah idaman yang rapi, bersih dan nyaman.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini