Ini Makna Motif Batik Bunga, Dibaca Yuk

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 194 2366935 ini-makna-motif-batik-bunga-dibaca-yuk-EXZkXUPAZk.jpg Batik bunga (Foto: Inst Batik_Liya)

Motif batik bunga merupakan salah satu motif batik yang disukai oleh banyak wanita. Sebab motifnya indah dan menunjukkan sisi feminin.

Batik pesisir biasanya punya motif batik bunga. Berbagai jenis bunga cantik menghiasi kain batik.

 batik bunga

Tidak hanya asal menggambar, setiap jenis bunga pada kain batik memiliki filosifinya tersendiri. Berikut berbagai ini makna motif batik bunga.

1. Bunga Teratai

Bunga teratai memiliki nama ilmiah Nymphea, yang merupakan Bahasa Yunani Kuno dari kata Nimfa yang berarti mata air atau sumur. Menggambarkan cinta dan kehidupan, bunga teratai dianggap sebagai bunga kontemporer yang berarti kesucian dan kemurnian jiwa. Biasanya motif ini digunakan dalam acara keagamaan.

2. Bunga Krisan

Bunga ini sering mekar saat musim gugur, sedangkan banyak pohon menggugurkan daunnya. Oleh sebab itu, bunga ini melambangkan ketabahan dalam menjalani keadaan, juga sebagai lambang umur panjang dan sejahtera.

3. Bunga Anggrek

Bunga anggrek memiliki makna kemuliaan, kecantikan, dan keanggunan sehingga penggunanya mengharapkan kemuliaan dan kerendahan hati saat mengenakannya.

4. Bunga Plum

Dalam bahasa Mandarin, bunga plum sebagai tanda mulainya musim semi. Saat musim semi bunga ini akan mekar, yang disimbolkan sebagai pembawa harapan baru, keberuntungan, dan keberanian.

5. Bunga Anyelir

Bunga ini menyimbolkan pernikahan, kesuburan, dan rezeki yang melimpah. Biasanya motif bunga ini berada pada batik lasem dengan istilah teluki.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini