Deretan Makanan Lezat Khas Solo, Mulai Timlo hingga Tengkleng

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 298 2366774 deretan-makanan-lezat-khas-solo-mulai-timlo-hingga-tengkleng-0FBFttCaRM.jpg Nasi liwet khas Solo jadi makanan yang wajib dicoba jika berkunjung ke Kota Solo. (Foto: Instagram @soloculinary)

SOLO atau Surakarta merupakan salah satu kota penuh budaya di Provinsi Jawa Tengah. Selain banyak tempat-tempat indah dan bersejarah, ternyata banyak juga makanan khas Solo. Rasanya dijamin lezat dan bisa bikin ketagihan. Maka itu, wajib dicoba para pencinta kuliner.

Makanan khas Solo sendiri mempunyai ciri tersendiri bila dibandingkan kuliner dari daerah lain. salah satunya adalah makanan khas Solo memiliki rasa gurih manis.

Baca juga: Solo, Sala, atau Surakarta, Manakah yang Benar? 

Penasaran apa saja makanan khas Solo? Berikut daftarnya, sebagaimana telah MNC Portal rangkum, Selasa (23/2/2021).

Timlo Sastro Solo (Foto: Surakarta.go.id)

1. Gudeg solo

Gudeg solo pasti sudah tidak asing. Ini merupakan makanan khas Solo yang cukup populer. Gudeg solo memiliki rasa manis yang lebih lembut jika dibandingkan gudeg yogyakarta. Makanan satu ini disajikan dengan isian seperti ceker, daun singkong, dan kacang tholo.

Beberapa tempat makan gudeg solo yang populer di antaranya Gudeg Ceker Bu Kasno, Gudeg Bu Mari, Gudeg Mbak Yus, Gudeg Ceker Bu Yati, dan masih banyak lagi.

2. Sate buntel

Sesuai namanya, sate buntel merupakan sejenis sate yang dibuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing lalu dibakar.

Seperti halnya makanan khas Solo lainnya, sate buntel juga memiliki rasa manis berkat bumbunya. Sebab, bumbu sate buntel terdiri dari merica dan kecap manis.

Baca juga: 5 Wisata Kuliner Fenomenal di Solo yang Bikin Rela Antre 

3. Nasi liwet khas Solo

Makanan khas Solo yang tidak kalah populer dari gudeg adalah nasi liwet. Nasi liwet khas Solo biasanya mempunyai rasa gurih. Makanan ini terdiri dari nasi liwet, sayur santan, sambal goreng pedas manis, serta bumbu areh. Hidangan nasi liwet khas Solo disajikan di atas pincuk daun pisang.

4. Timlo

Berikutnya ada timlo, makanan khas Solo yang wajib dicoba jika berkunjung ke Kota Solo. Timlo merupakan sajian seperti sup yang biasanya berisi mi soun, suwiran ayam, potongan sosis solo, wortel dan irisan telur masak kecap.

Selain itu, tambahan lainnya ada hati ayam dan telur dadar yang kemudian disiram kuah kaldu panas. Tambah sedap jika ditambah dengan bawang goreng.

Baca juga: Usai Tampil di Indonesian Idol Special Season, Aespa Ingin Datang ke Indonesia

5. Serabi solo

Lalu ada serabi solo. Makanan ringan khas Solo ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan digoreng di atas arang. Biasanya hidangan ini diberi taburan berupa potongan pisang, nangka atau bahkan meses dan keju. Rasa serabi solo cenderung gurih.

Salah satu tempat makan serabi solo yaitu di daerah Notokusuman yang sering disingkat menjadi Notosuman atau Srabi Notosuman yang terletak di Jalan Muhammad Yamin Nomor 28, Jayengan, Serengan, Surakarta.

6. Tengkleng

Makanan khas Solo berikutnya ada tengkleng. Ini salah satu makanan dari Kota Solo yang populer dan wajib dicoba. Makanan seperti sup ini terdiri dari bahan utama tulang kambing.

Menurut sejarahnya, makanan ini tercipta karena saat itu para bangsawan dan orang-orang Belanda saja yang bisa menikmati masakan daging kambing. Sementara bagian kepala, kaki, dan tulang saja yang tersisa untuk pekerja serta tukang masak. Bentuk fisik dari tengkleng hampir mirip dengan gulai kambing, tetapi kuahnya lebih encer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini