Adakah Layanan Door to Door Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 481 2366538 adakah-layanan-door-to-door-vaksinasi-covid-19-untuk-lansia-c0trs0nDrR.jpg Ilustrasi vaksinasi covid-19 untuk lansia. (Foto: Jcomp/Freepik)

PEMERINTAH segera melakukan vaksinasi covid-19 pada kelompok masyarakat lanjut usia atau lansia. Pasalnya, lansia termasuk kelompok yang rentan terinfeksi covid-19, sehingga membutuhkan perhatian khusus.

Saat ini jumlah lansia di Indonesia cukup banyak. Sebagian dari mereka memiliki riwayat penyakit penyerta yang membuat mobilitasnya menjadi sedikit terhambat.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia, Ini Mekanisme Pendaftarannya 

Lantas apakah ada layanan seperti vaksinasi secara door to door yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi masalah mobilitas para lansia ini?

Juru Bicara Program Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, mengatakan jikalau para lansia tidak bisa menuju fasyankes sendiri maka belum memenuhi kriteria penerima vaksin covid-19.

"Tentu tadi ada persyaratan-persyaratan ya. Kalau memang tidak bisa ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) berarti tidak memenuhi kriteria. Kemungkinan untuk mendapatkan vaksinasi tidak memungkinkan," jelasnya dalam dialog bertajuk 'Vaksinasi Tahap 2: Cinta untuk Lansia', Senin 22 Februari 2021.

Baca juga: Lansia Antusias Ikut Vaksinasi Covid-19 di RSUD Kembangan, Antre Sampai Jalanan 

Lebih lanjut ia mengatakan vaksinasi covid-19 untuk lansia ini memang terdiri dari dua metode. Pertama, cara menuju fasyankes untuk mendaftar vaksinasi; dan kedua melalui organisasi-organisasi.

"Jadi kalau ada organisasi masyarakat ataupun perseorangan yang memang mau bergerak dan membantu lansia, ini memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan yang sifatnya terpusat atau kunjungan ke rumah," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini