6 Cara Gunakan Minyak Kelapa untuk Tingkatkan Kecantikan

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 22:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 481 2366704 6-cara-gunakan-minyak-kelapa-untuk-tingkatkan-kecantikan-ITByBMhC1U.jpg Minyak kelapa ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kecantikan. (Foto: Freepik)

MINYAK kelapa telah lama digunakan oleh semua orang untuk mengatasi masalah kulit atau rambut. Minyak serbaguna ini menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan, tapi juga dapat meningkatkan kecantikan.

Minyak kelapa mengandung beberapa khasiat luar biasa yang langsung dapat mengatasi masalah kesehatan. Itulah mengapa minyak kelapa digunakan sejak beberapa generasi sebagai pengobatan rumahan.

Baca juga: Begini Cara Kerja Minyak Kelapa untuk Mengobati Sembelit 

Dari mengatasi keriput hingga menyembuhkan bekas luka, berikut cara penggunaan minyak kelapa untuk meningkatkan kecantikan, seperti dilansir laman Boldsky.

1. Mengatasi penuaan

Penuaan kulit tidak bisa dihindari, tetapi tanda-tanda awal penuaan kulit alias garis-garis halus dan kerutan bisa dikurangi. Emolien alami yang mengandung antioksidan dan sifat anti-inflamasi, minyak kelapa meningkatkan penghalang kulit dan memberikan perlindungan dari kerusakan akibat sinar UV untuk mengisi kembali kulit dan menunda proses penuaan kulit sehingga kulit awet muda.

Cara menggunakannya, campurkan satu sendok makan minyak kelapa dan setengah sendok makan madu, lalu oleskan di wajah selama 1 jam. Ini membantu menghidupkan kembali kulit dan menghilangkan garis-garis halus serta kerutan.

Minyak kelapa. (Foto: Jcomp/Freepik)

2. Untuk kuku halus dan kuat

Kutikula pecah-pecah dan kuku yang lemah dapat mengurangi daya tarik. Minyak kelapa dapat mengatasinya dengan cara menghidrasi. Pijat kuku dan kutikula dengan minyak kelapa selama beberapa menit dua kali atau tiga kali seminggu untuk mendapatkan kuku yang indah dan kuat.

Baca juga: Selain Zaitun, Ini 5 Jenis Minyak Sehat untuk Memasak 

3. Untuk rambut tebal dan halus

Minyak kelapa dapat memperkuat rambut dan melawan masalah rambut, seperti rambut rontok, ketombe, rambut patah, dan rambut menipis. Minyak kelapa mencegah hilangnya protein dari rambut, menembus jauh ke dalam akar untuk memberikan kekuatan dan menambah kilau pada rambut sehingga membuat Anda memiliki rambut yang tebal dan halus.

4. Untuk kulit halus

Kunci dari kulit mulus adalah kelembapan, dan minyak kelapa memiliki asam lemak seperti linoleat, oleat, dan asam laurat yang menembus jauh ke dalam kulit untuk melembapkan dan menutrinya. Jika Anda memiliki kulit yang sangat kering, pijatkan minyak kelapa untuk menyegarkan dan meremajakan kulit. Baik itu lutut kering, siku, atau kulit kasar, minyak kelapa dapat membuat kulit lembut, halus dan bercahaya.

Baca juga: Viral, Kisah Pasutri dengan 15 Anak hingga Kartu Keluarga Dua Lembar

5. Untuk bibir lembut dan nyaman

Minyak kelapa bersifat emolien untuk bibir kering dan pecah-pecah. Ini melembapkan bibir membuatnya lembut dan halus. Ambil sedikit minyak kelapa dan pijatkan ke seluruh bibir untuk menjaga kelembapan dan mendapatkan bibir yang indah.

6. Sebagai minyak cukur

Proses mencukur bisa berdampak buruk bagi kulit. Jika dilakukan secara sembarangan, dapat menyebabkan luka bakar dan luka akibat pisau cukur. Oleskan minyak kelapa sebelum bercukur untuk hasil yang sempurna. Anda juga bisa mengoleskan minyak kelapa sebagai perawatan setelah bercukur untuk meredakan kulit yang meradang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini